[POPULERS SAINS] Epidemiolog Setuju PPKM Level 3 Serentak Dibatalkan | Penyebab Banjir Rob di Manado

Kompas.com - 09/12/2021, 07:32 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains sepanjang Rabu (8/12/2021) hingga Kamis (9/12/2021). Mulai dari epidemiolog setuju PPKM level 3 serentak dibatalkan, penyebab banjir rob Manado, hingga waspada sejumlah wilayah akan gelombang tinggi. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains sepanjang Rabu (8/12/2021) hingga Kamis (9/12/2021). Mulai dari epidemiolog setuju PPKM level 3 serentak dibatalkan, penyebab banjir rob Manado, hingga waspada sejumlah wilayah akan gelombang tinggi.

KOMPAS.com - Pemerintah membatalkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di semua wilayah Indonesia.

Terkait keputusan tersebut, epidemiolog sepakat. Namun apa alasannya? Itulah yang menjadi salah satu berita populer Sains.

Selain itu, banjir rob yang terjadi di Manado juga menyita perhatian. BMKG mengungkap, setidaknya ada 3 faktor pemicu fenomena ini.

Selain itu, BMKG juga memperingatkan ada sejumlah wilayah yang berpotensi diterjang gelombang tinggi agar masyarakat waspada.

Berikut ringkasan berita populer Sains sepanjang Rabu (8/12/2021) hingga Kamis (9/12/2021) pagi.

Epidemiolog setuju PPKM level 3 dibatalkan

Pemerintah membatalkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di semua wilayah, dan epidemiolog Indonesia untuk Griffith University Dicky Budiman menyetujui hal ini.

Menurut Dicky, pembatasan mobilitas atau pergerakan masyarakat di Indonesia masih harus dilakukan, tetapi tidak perlu disamaratakan menjadi level 3.

"Memang saya tidak setuju dengan adanya PPKM level 3 diterapkan, bukan berarti tidak boleh ada pembatasan, tapi leveling-nya sesuai aja dengan indikator di wilayahnya (masing-masing)" kata Dicky kepada Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

Namun, ia pun menegaskan, hal ini perlu dilakukan supaya indikator level pembatasan atau PPKM ini bisa dilakukan dengan konsisten dan tegas. Selain itu, adanya PPKM yang disesuaikan dengan level daerah masing-masing itu dapat dijadikan kontrol ketat.

Baca penjelasannya di sini:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.