Kompas.com - 07/12/2021, 16:30 WIB
Semburan geyser Commons WikimediaSemburan geyser

KOMPAS.comGeyser adalah mata air panas yang menyemburkan uap dan air panas secara berkala. Kata geyser berasal dari bahasa Islandia geysit yang berarti menyembur.

Lokasi terjadinya geyser

Geyser adalah kondisi yang sangat jarang terjadi. Kondisi ini terbentuk secara kebetulan. Hanya ada kurang dari 1.000 geyser di Bumi.

Geyser tersebut tersebar hanya di 5 negara, yaitu Amerika Serikat, Rusia, Chile, Selandia Baru, dan Islandia. Sebagian besar geyser terdapat di Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat.

Geyser selalu berada di wilayah yang dekat dengan gunung berapi yang aktif karena memerlukan beberapa syarat untuk terjadi. Berikut adalah kondisi yang diperlukan untuk terjadinya geyser:

  1. Terdapat batuan panas di bawahnya
  2. Terdapat air tanah yang cukup
  3. Terdapat reservoir air di bawah permukaan
  4. Terdapat saluran untuk tempat keluarnya air di permukaan.

Baca juga: Sebelum Ada Api, Nenek Moyang Manusia Memasak dengan Mata Air Panas

Proses terjadinya geyser

Geyser terbentuk dari pemanasan air tanah oleh batu panas. Air yang berada di reservoir akan mengalami pemanasan hingga membentuk banyak uap air. Ketika air mendidih dan uap air semakin banyak, tekanan akan meningkat dan terjadilah semburan geyser.

Umumnya, geyser menyembur dalam waktu yang tidak teratur. Salah satu geyser yang terkenal, yaitu “Old Faithful” di Taman Nasional Yellowstone akan menyembur 60 sampai 90 menit sekali. Sayangnya, jarak semburannya semakin melambat. Para ahli menduga hal ini disebabkan menurunnya suplai air.

Geyser di planet lain

Ternyata para peneliti juga menemukan geyser di planet lain. Saat ini, geyser sudah ditemukan di bulan Jupiter bernama Io. Uniknya, geyser di Io bukan menyemburkan air, melainkan air yang membeku dan gas lainnya. Hal serupa juga ditemukan di bulan Neptunus bernama Triton dan bulan Saturnus bernama Enceladus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.