Kompas.com - 07/12/2021, 09:02 WIB
Ilsutrasi burung macaw Unsplash/Shannon KunkleIlsutrasi burung macaw

KOMPAS.com - Artis peran Dinda Hauw memberikan kado istrimewa kepada suaminya, Rey Mbayang berupa burung macaw. Potret burung tersebut dibagikan di salah satu akun Instagram.

"WOW! Rey Mbayang dapat kado anti mainstream berupa burung macaw," tulis akun @lambeturah_official.

Dihubungi Kompas.com, Senin (6/12/2021), peneliti burung di Pusat Riset Biologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Tri Haryoko, M.Si menyebutkan, burung yang dimiliki pasangan artis tersebut termasuk ke dalam jenis macaw sayap hijau atau red-and-green macaw (Ara chloropterus).

Sebenarnya, apa itu burung macaw?

Baca juga: Mengenal Burung Berkaki Panjang yang Merawat Rumput Lapangan JIS

Tri memaparkan, macaw merupakan burung dari famili Psittacidae, dan ordo Psittaciformes.

Burung ini memiliki enam genus, di antaranya genus AraPrimoliusOrthopsittaca, CyanopsittaIAnodorhynchus dan Diopsittaca. Serta memiliki 18 spesies yang berbeda.

Fakta menarik burung macaw

Morfologi dan keunikan burung macaw

Macaw termasuk burung yang berukuran besar dengan panjang total sekitar 90–95 sentimeter dan berat badan sekitar satu hingga 1,7 kilogram.

Burung ini pun memiliki ekor yang panjang, dengan bulu yang biasanya berwarna-warni, paruhnya besar dan kuat, dengan jari kaki berjumlah 4 di mana jari pertama dan keempat mengarah ke belakang atau disebut zygodactyl.

"Keunikannya, merupakan burung yang eksotik, mempunyai bulu indah, berwarna terang dan cerah, memiliki inteligensi yang tinggi sehingga mudah untuk dijinakkan, dan diajari bahkan berbicara menirukan manusia," ungkap Tri.

"Macaw biasanya juga termasuk burung yang setia di mana memiliki (satu) pasangan seumur hidup. Beberapa catatan di penangkaran umurnya (burung macaw) bisa mencapai 50-70 tahun," lanjutnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.