Kompas.com - 06/12/2021, 21:01 WIB
Diorama Tsunami Aceh di Museum Tsunami Aceh. Dok. KemenparekrafDiorama Tsunami Aceh di Museum Tsunami Aceh.

KOMPAS.comTsunami adalah bencana yang mungkin terjadi di Indonesia karena letak Indonesia yang berada di pertemuan lempeng Bumi dan memiliki garis pantai yang panjang.

Definisi tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu artinya pelabuhan dan nami artinya gelombang laut. Jika diartikan secara bahasa, tsunami adalah gelombang laut yang menghantam pelabuhan.

Gelombang tsunami merupakan gelombang besar yang terbentuk dari dasar laut akibat gempa bumi yang terjadi di bawah laut, runtuhan di pantai, atau karena letusan gunung berapi di laut. Gelombang laut ini mampu menjalar dengan kecepatan lebih dari 900 kilometer per jam.

Gelombang ini ketika mencapai pantai, kecepatan gelombang akan menurun, namun ketinggian gelombang akan meningkat dan bersifat merusak apa saja yang dilaluinya.

Penyebab tsunami

Terdapat beberapa penyebab terjadinya tsunami dan menyebabkan tsunami dengan mekanisme yang berbeda-beda. Berikut adalah penyebab terjadinya tsunami.

1. Gempa bumi

Tidak semua gempa bumi menyebabkan tsunami. Terdapat dua syarat yang membuat sebuah gempa bumi memicu tsunami. Pertama, pusat gempa berada di dasar laut. Kedua, kedalaman pusat gempa kurang dari 60 kilometer.

Baca juga: Indonesia Berisiko Terkena Tsunami, Pahami Cara Mengantisipasi Tsunami

2. Letusan gunung berapi

Contoh tsunami akibat letusan gunung berapi adalah letusan Gunung Krakatau tahun 1883. Kala itu, letusan Gunung Krakatau memicu tsunami yang menenggelamkan beberapa pulau kecil serta menghancurkan kapan. Tercatat gelombangnya memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan menewaskan lebih dari 36.000 jiwa.

3. Tanah longsor

Pada tahun 1958 terjadi longsor es dan batuan di Teluk Lituya, Alaska. Longsoran ini sangat besar dan volumenya diperkirakan mencapai 81 ton es dan batuan. Hal ini menyebabkan gelombang tsunami menjalar sepanjang teluk. Tinggi gelombangnya mencapai 350 sampai 500 meter dan menghantam lereng gunung. Gelombang ini menyapu pepohonan dan menyebabkan 2 orang pemancing tewas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BNPB,ESDM
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.