Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Pesawat Gagal Mendarat di Bali Putar Balik ke Jakarta akibat Cuaca Ekstrem

Kompas.com - 06/12/2021, 16:42 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video viral keributan penumpang di sebuah pesawat udara tujuan Jakarta-Bali. Pesawat gagal mendarat ke Bali karena cuaca ekstrem dan harus putar balik ke Jakarta, Senin (6/12/2021).

Dari postingan video yang diunggah oleh akun tiktok/mikhayla itu dijelaskan pesawat kembali ke Bandara Soekarno Hatta Jakarta "Return to Base" dikarenakan cuaca buruk di Bandara Ngurah Rai Bali memulai aksi keributan penumpang dalam kabin.

"Ribut di pesawat. lah emang cuacanya jelek mau gimana coba. Petugas udarakan cuman menjalankan tugas sesuai aturan, gw mah yang penting selamat, meskipun kerjaan berantakan anggap aja bukan rezeki," tulis akun @princess_mikhayla-kyle dalam videonya itu.

Sebelumnya dalam aplikasi flightradar24 diketahui pesawat Super Air Jet No IU 754 berputar-putar di atas perairan Pulau Bali sampai akhirnya melakukan aksi Return to Base atau kembali ke pusat keberangkatan.

Ternyata pengalaman di pesawat udara tujuan Jakarta-Bali yang terjadi gangguan akibat cuaca ekstrem hari ini tidak hanya dialami oleh penumpang pesawat yang ditumpangi akun tiktok/Mikhayla saja, melainkan juga dialami oleh Dokter Spesialis Kecantikan dr Richard Lee MARS PhD.

Baca juga: Kenapa Pesawat Bisa Terbang, Begini Penjelasan Ilmiahnya

 

Dalam video yang berbeda tentang cuaca buruk yang membuat penerbangan terganggu di sekitar Bandara Ngurah Rai, Bali, sehingga menyebabkan pesawat gagal landing atau mendarat juga diunggah oleh Richard dalam akun tiktoknya @drrichardlee.

Sepanjang penerbangan penumpang di pesawat yang ia tumpangi dari Jakarta ke Bali itu banyak yang berteriak dan menangis.

Ketika mendarat pun, salah satu temannya di dalam video itu pun bercerita dengan hebohnya, terutama mengenai perasaan mereka yang khawatir saat petir terjadi ketika pesawat mereka masih terbang di udara.

"Banyak penerbangan cancel, puter balik ke Jakarta. Tapi saya mendarat dengan selamat di Bali," tulisnya.

Dalam video tersebut Richard juga mengatakan bahwa itu adalah penerbangan paling mengerikan yang pernah dialaminya, dengan 4 kali periode seolah pesawat mau jatuh seperti roller coaster.

Sementara itu, Corporate Communication Super Air Jet, Carolina Lestari juga membenarkan adanya pesawat Super Air Jet harus melakukan Return to Base (RTB) karena cuaca buruk, yang kemudian menyebabkan pesawat harus putar balik kembali ke Jakarta karena gagal mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali. 

Baca juga: Sejarah Kotak Hitam Penemuan Penting Ungkap Misteri Jatuhnya Pesawat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com