Kompas.com - 06/12/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi kucing Siamese Unsplash/Alex MeierIlustrasi kucing Siamese
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Bukan suatu yang umum bagi kucing untuk menyentuh usia hingga 20 tahun lebih, namun beberapa ras kucing dikenal memiliki umur yang panjang.

Sebenarnya, tidak ada yang menjamin bahwa kucing dapat hidup hingga puluhan tahun. Pasalnya sifat dan pengasuhan juga menjadi faktor penentu.

Namun, memilih ras kucing dengan rata-rata umur yang lebih panjang dan perawatan yang maksimal dapat meningkatkan peluang kucing untuk hidup lebih lama.

Ras kucing yang memiliki usia terpanjang

Dilansir dari The Spruce Pets, berikut adalah 6 daftar ras kucing yang memiliki usia terpanjang:

1. Kucing Siam (12-20 tahun)

Berasal dari Thailand, kucing Siam merupakan ras kucing yang cantik dan telah berhasil memikat banyak orang selama berabad-abad.

Baca juga: Fakta Kucing Totol, Kucing Terkecil di Dunia yang Hanya Ada di Asia

Ia dikenal dengan perawakannya yang kurus dan sifat sosialnya. Ras ini tidak memiliki masalah kesehatan yang signifikan, namun beberapa kucing Siam rentan terhadap masalah gigi dan pernapasan.

2. Kucing burma (16-18 tahun)

Kucing Burma adalah kucing hasil persilangan antara kucing coklat kecil dari Burma dengan kucing Siam.

Kucing yang suka bermain ini umumnya dikenal sebagai ras yang sehat, namun ia cenderung mengalami kelainan bentuk tengkorak dan glaukoma.

3. Kucinng Savannah (12-20 tahun)

Kucing Savannah, sebagian serval Afrika dan sebagian kucing domestik, merupakan salah satu ras kucing yang memiliki usia terpanjang.

Meski belum sepenuhnya dijinakkan, kucing Savannah bisa bersahabat dengan manusia. Namun, mereka cenderung memiliki temperamen yang tidak terduga, aktif, dan berani.

Baca juga: 5 Kucing Liar Paling Kecil di Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.