Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2021, 19:00 WIB
Zintan Prihatini,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber CNN,NBC News

KOMPAS.com - Pengunjung pantai dikejutkan dengan penemuan lancetfish atau ikan lancet langka dengan ukuran mencapai 121 cm.

Ikan lancet kanibal itu mereka temukan di dekat Scripps Institution of Oceanography di University of California, San Diego hari Selasa, 2 Desember lalu.

Para peneliti mencatat bahwa ikan ini merupakan lancetfish pertama yang ditemukan di kawasan itu sejak tahun 1996.

Ikan dengan nama katalog SIO 21-37 ini pun menambah koleksi terbaru dari Koleksi Vertebrata SIO.

Baca juga: Hewan Purba Dijuluki Ikan Penghisap Darah Ini Muncul Lagi di Australia

Menariknya, temuan lancetfish terjadi hanya selang satu pekan saja sejak ditemukannya pacific footballfish, anglerfish laut dalam yang jauh lebih langka. Ikan pacific footballfish sendiri sebelumnya ditemukan terdampar di pantai Black's Beach.

Dilansir dari CNN, Sabtu (4/12/2021), manajer SIO Ben Frable berkata bahwa ikan lancet itu ditemukan di La Jolla Shores, California dalam keadaan hidup.

Dia menduga bahwa lancetfish tersebut bisa berada di pantai karena berbagai alasan, salah satunya adalah berlindung dari pemangsa maupun terjebak arus sehingga tidak kuat untuk berenang keluar.

Frable menambahkan, ikan SIO 21-37 akan tetap dijaga dan dipertahankan dalam jangka waktu yang lama.

Sementara itu, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) ikan lancet dikenal karena ukuran matanya yang besar, rahang yang bertaring, dan tubuh yang licin.

Baca juga: Ikan Nila Mengandung Mikroplastik, Ikan di Pulau Jawa Tak Layak Dikonsumsi

Hewan kanibal ini pun diketahui memakan ikan, krustasea, cumi-cumi, gurita, amphipods, serta invertebrata lainnya di lautan.

Menurut salah satu peneliti dari Choy Lab SIO, Dr Elan Portner yang telah mempelajari isi perut ikan lancet, lancetfish tampaknya memakan dan menikmati daging dari spesies mereka sendiri, seperti dilansir dari NBC News, Jumat (3/12/2021).

Portner dan timnya menilai, lancetfish mulai memakan kawanannya sendiri hingga mereka mencapai panjang sekitar 90 cm.

Di sisi lain, ikan yang dapat tumbuh hingga 200 cm ini merupakan hewan hermafrodit yaitu hewan yang memiliki dua organ reproduksi.

"Jadi lancetfish memiliki pola makan yang cukup bervariasi. Tapi yang benar-benar menarik adalah lancetfish lain tidak benar-benar ditemukan dalam pola makanan mereka sampai ikan itu berukuran sekitar 90 cm," jelas Frable.

Baca juga: 5 Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia, Ada yang Beratnya Hampir 2 Ton

Lebih lanjut, Frable mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sedikit informasi tentang lancetfish. Sebab, ikan ini tidak mudah diamati di kedalaman laut yang lebih rendah.

Dia mengakui, laboratorium telah mengambil sampel jaringan yang dapat digunakan untuk menentukan genetika dan data lainnya untuk mempelajari secara mendalam mengenai lancetfish.

"Dari perspektif penelitian, lancetfish membantu memberikan akses ke jaring makanan laut terbuka. Jadi, bisa mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana nitrogen dan karbon bergerak di lautan terbuka dan apa artinya itu bagi interaksi dalam skala global sangatlah penting," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN,NBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com