Kompas.com - 05/12/2021, 12:31 WIB
ilustrasi PEXELS/Juan Pablo Serrano Arenas ilustrasi

KOMPAS.comDepresi meningkatkan risiko seseorang untuk bunuh diri dibandingkan orang yang tidak mengalami depresi. Penyebab bunuh diri memang bervariasi, namun penyebabnya sering kali erat dengan depresi berat.

Definisi depresi

Dilansir dari University of California Santa Cruz, depresi adalah suatu perasaan tidak bahagia, kesedihan yang mendalam, atau putus asa dalam waktu yang panjang. Depresi berbeda dengan sedih biasa atau perubahan suasana hati. Keduanya dapat dibedakan dari gejala yang dirasakan.

Orang dengan depresi biasanya memiliki prestasi yang menurun di sekolah atau tempat kerja. Selain itu, depresi bisa menjadi kondisi yang mengancam jiwa, misalnya memicu bunuh diri.

Gejala depresi

Orang yang merasa stres dan sedih hampir setiap hari selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, bisa jadi mengalami depresi. Berikut adalah gejala depresi yang perlu Anda waspadai:

  • Kehilangan semangat pada semua aktivitas
  • Merasa lelah dan tidak punya tenaga
  • Sering menangis
  • Sulit fokus atau mengingat sesuatu
  • Perubahan pola tidur, jam tidur berkurang atau justru terlalu banyak tidur
  • Perubahan nafsu makan hingga menyebabkan perubahan berat badan
  • Perasaan tidak berarti atau bersalah
  • Berpikir untuk bunuh diri

Baca juga: Begini 5 Cara Menolong Orang yang Ingin Bunuh Diri

Tanda ingin bunuh diri

Jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami tanda-tanda ingin bunuh diri, jangan abai. Segera mencari pertolongan untuk mereka. Orang yang ingin bunuh diri akan menunjukkan dan melakukan upaya untuk bunuh diri. Berikut adalah beberapa tanda ingin bunuh diri.

  • Berkata, “aku ingin bunuh diri” dan sejenisnya
  • Memberikan kalimat yang implisit seperti, “aku sudah tidak tahan lagi” atau “kalau sampai terjadi sesuatu, berarti …”
  • Mencari tahu atau mencari akses terhadap benda-benda yang bisa digunakan untuk bunuh diri. Misalnya, tali, pisau, senjata api, atau racun.
  • Menulis surat wasiat

Apa yang harus dilakukan terhadap orang yang depresi dan ingin bunuh diri?

Jika Anda bertemu dengan orang yang sedang depresi dan ingin bunuh diri, jangan pernah menganggap enteng. Kontak orang-orang terdekat dan jangan biarkan orang ini sendirian. Jadilah pendengar yang baik dan bersikap empati kepada orang tersebut.

Selain itu, jauhkah dari benda-benda yang berpotensi menjadi media bunuh diri dan segera cari pertolongan ke dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.