Kompas.com - 05/12/2021, 11:32 WIB
Warga berlarian di atas timbunan material guguran awan panas Gunung Semeru saat terdengar suara gemuruh dari Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Akibat awan panas guguran Gunung Semeru tersebut puluhan rumah warga rusak dan ratusan warga mengungsi. ANTARA FOTO/ZABUR KARURUWarga berlarian di atas timbunan material guguran awan panas Gunung Semeru saat terdengar suara gemuruh dari Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Akibat awan panas guguran Gunung Semeru tersebut puluhan rumah warga rusak dan ratusan warga mengungsi.

KOMPAS.com - Erupsi gunung Semeru Sabtu (4/12/2021) sore terjadi di tengah pandemi. Apa saja yang harus diperhatikan masyarakat?

Ahli Kebencanaan UPN Veteran Yogyakarta Eko Teguh Slamet mengatakan, selain menyelamatkan korban, yang paling penting dilakukan adalah tetap menerapkan protokol kesehatan atau anjuran perlakuan pandemi di dalam pengungsian.

"Jadi tetap menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan)," kata Eko kepada Kompas TV yang disiarkan Live, Minggu (5/12/2021).

Dengan adanya pandemi dan tetap harus menerapkan protokol kesehatan, artinya persediaan masker dan alat pembersih perlu diperbanyak dan tempat pengungsian harus lebih luas.

Baca juga: Ahli Kebencanaan: Sebenarnya Alam Memberi Tanda Semeru Akan Meletus

"5M itu menjadi penting dalam penanganan (bencana erupsi). Bukan hanya untuk warga yang mengungsi, tapi juga para relawan kemanusiaan," imbuh Eko.

"Jangan sampai, kita berusaha menyelamatkan penyintas dari erupsi gunung api tapi kita sendiri (relawan kemanusiaan) terlena lupa pada Covid-19."

Lantas, apa yang harus dilakukan pertama kali agar warga dapat segera memperoleh penanganan?

Berkaitan dengan hal ini, di level pertama yang penting dilakukan adalah warga bantu warga.

"Warga yang tidak terdampak bisa membantu warga yang terdampak," ungkap Eko.

Sementara itu, bantuan-bantuan dasar untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, minum, pakaian, dan tempat tinggal jika memungkinkan bisa melalui warga bantu warga.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.