Kompas.com - 03/12/2021, 19:01 WIB
Ilustrasi HIV pada anak-anak Ilustrasi HIV pada anak-anak


KOMPAS.com - Penularan infeksi human immunodeficiency virus (HIV) tak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Infeksi HIV pun bisa menjangkiti anak-anak.

Pada beberapa kasus penularan ini biasanya terjadi melalui ibu hamil kepada calon bayi yang akan dilahirkan.

Namun sebenarnya penularan HIV pada anak ini bisa dicegah bahkan sejak masih dalam kandungan. Sebab menurut dr. Endah Citraresmi, Sp.A(K), MARS dari RSAB Harapan ibu yang positif HIV belum tentu 100 persen akan menularkan kepada anaknya.

Dalam acara bertema Tantangan dalam Merawat Anak Terinfeksi HIV yang diadakan Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan, Kamis (2/12/2021), Endah menjelaskan jika pencegahan infeksi HIV pada anak yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan screening atau pemeriksaan HIV pada ibu hamil.

"Pemeriksaan HIV untuk ibu hamil sifatnya wajib dan harus dilakukan di setiap kehamilannya. Ini tentu saja dilakukan untuk melindungi anak," katanya.

Sayangnya, menurut Endah pemeriksaan HIV pada anak-anak ini di Indonesia masih belum menjadi prioritas. Salah satunya karena stigma negatif jika melakuka tes tersebut sehingga calon ibu ada yang keberatan untuk melakukan screening.

"Ada anggapan ibu melakukan perilaku yang tak sesuai dengan norma-norma," katanya.

Hal tersebut akhirnya membuat penanganan HIV di Indonesia tak berjalan dengan lancar. 

Baca juga: Hari AIDS Sedunia, Kenali Gejala HIV sejak Minggu Pertama Terinfeksi

Selain itu juga ada faktor petugas kesehatan yang mungkin belum mendapatkan pengetahuan mengenai screening HIV pada ibu hamil untuk mencegah penularan infeksi HIV anak.

"Butuh edukasi lebih banyak lagi untuk mencegah hal tersebut terjadi. Jangan sampai anak terdeteksi HIV ketika sudah parah," paparnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.