Kompas.com - 03/12/2021, 17:45 WIB
Piramida Cholula, piramida terbesar di dunia ShutterstockPiramida Cholula, piramida terbesar di dunia

KOMPAS.comPiramida tentu identik dengan Mesir dan padang pasir. Ternyata piramida terbesar di dunia tidak berada di Mesir. Berikut adalah piramida terbesar di dunia.

1. Piramida Cholula, Meksiko

Piramida terbesar di dunia adalah Piramida Cholula. Piramida ini juga dikenal dengan nama lain seperti Piramida Tepanapa dan Tlachihualtepetl yang merupakan bahasa lokal yang berarti gunung artifisial.

Ukuran piramida ini adalah 400 kali 400 meter dengan total volume 4,45 juta meter kubik. Volume ini hampir dua kali Piramida Giza. Sebelumnya, Piramida Giza disebut piramida terbesar di dunia.

Piramida Cholula dibangun pada tahun 200 sebelum masehi. Piramida ini telah dibangun ulang beberapa kali. Namun, berdasarkan mitologi Aztec, piramida dibangun oleh Xelhua.

Piramida ini tertutup oleh tanah dan baru ditemukan kembali pada abad ke-19. Sejak saat itu, arkeolog melakukan ekskavasi terhadap piramida tersebut.

2. Piramida Agung Giza, Mesir

Piramida Agung Giza adalah piramida terbesar kedua di dunia. Piramida ini terletak di Kairo, Mesir. Piramida ini dibangun sebagai makam Firaun Khufu. Lebar piramida ini adalah 230 meter dengan tinggi 146 meter.

Piramida Giza adalah satu dari tujuh keajaiban dunia yang paling tua. Piramida ini diperkirakan dibangun pada tahun 2.580 sebelum masehi. Diperkirakan piramida ini dibangun dari 2,3 juta batu balok.

Baca juga: Apa yang Ada di Dalam Piramida Giza?

3. Piramida Khafre, Mesir

Mesir memang identik dengan piramida karena Mesir merupakan rumah bagi banyak piramida, termasuk Piramida Khafre. Piramida Khafre memiliki lebar 215 meter dengan tinggi 136 meter.

Piramida ini adalah makam Firaun Khafre yang merupakan anak dari Firaun Khufu dan dibangun bersebelahan dengan Piramida Giza.

4. Piramida Luxor Las Vegas, Amerika Serikat

Piramida ini dibangun karena terinspirasi dari Piramida Giza. Piramida ini dibangun pada tahun 1992 sampai 1993. Piramida ini berukuran tiga per empat dari ukuran Piramida Giza.

Piramida ini bukan situs sejarah seperti piramida pada umumnya, namun merupakan hotel dan kasino. Berbeda dengan piramida yang terbuat dari batu, piramida ini pada bagian luar terbuat dari kaca berwarna hitam.

5. Piramida Merah Dahshur, Mesir

Kembali ke Mesir, piramida terbesar kelima adalah Piramida Merah Dahshur. Piramida ini memiliki lebar 220 meter dengan tinggi 104 meter. Piramida ini dibangun oleh Firaun Sneferu, ayah dari Firaun Khufu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.