5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menghindari Penyebaran Varian Omicron Menurut Pakar

Kompas.com - 03/12/2021, 17:30 WIB
Ilustrasi bepergian menggunakan masker. DOK. FREEPIKIlustrasi bepergian menggunakan masker.

KOMPAS.com - Mutasi varian baru virus corona yang disebut varian B.1.1.529 atau Omicron banyak dikhawatirkan oleh seluruh masyarakat dunia.

Varian ini disebut memiliki mutasi yang lebih cepat dibandingkan varian virus SARS-CoV-2 lainnya.

Para peneliti pun tengah melakukan riset mendalam untuk memahami lebih jauh terkait varian Omicron.

Baca juga: Arti Kata Omicron, Alfabet Yunani yang Jadi Nama Varian Baru Covid-19

Agar membantu kita terlindung dari paparan varian baru virus corona, pakar penyakit menular terkemuka di Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari infeksi virus corona penyebab Covid-19.

1. Mempelajari varian baru virus secara mendalam

Fauci menyebut, saat ini tidak ada cukup informasi yang tersedia untuk menghadapi kemungkinan terburuk akibat varian Omricon. Artinya, penelitian yang lebih mendalam sangat diperlukan.

Menurutnya, ada beberapa aspek yang mengkhawatirkan tentang virus yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan itu.

Misalnya, seberapa menular dan seberapa besar tingkat penyebaran hingga penularan varian Omicron.

Dia juga mempertanyakan apakah varian Omicron kebal terhadap antibodi monoklonal atau plasma konvalesen, maupun vaksin yang saat ini digunakan.

"Jika Anda melihat profil dari mutasi (virus), pertanyaannya adalah dampak seperti apa dan seberapa besar dampaknya terhadap perlindungan dari vaksinasi," ungkap Fauci seperti dilansir dari Eat This, Rabu (1/12/2021).

2. Memahami dampak varian Omicron

"Memahami (varian Omicron) akan memakan sedikit waktu. Kemungkinan kita akan mendapatkan beberapa informasi dalam satu atau dua minggu ke depan, dan kemudian informasi selanjutnya sedikit lebih lama," lanjutnya.

Dokter Fauci meyakini, bahwa memahami bagaimana varian Omicron secara ilmiah akan sangat membantu dalam menanggulangi dampak jangka panjang yang kemungkinan bisa terjadi.

"Varian Omicron bisa sangat menular, tetapi tidak parah atau bisa juga kombinasi keduanya. Jadi benar-benar penting untuk mendapatkan informasi ilmiah. Tidak mengambil kesimpulan apa pun dan tetap mengikuti sains," tegasnya.

Baca juga: Apakah Vaksin Covid-19 yang Sekarang Efektif untuk Varian Omicron?

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.