Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imunisasi Kejar, Susulan Imunisasi Dasar yang Tertunda untuk Anak

Kompas.com - 03/12/2021, 09:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi orangtua yang anaknya belum diimunisasi dasar karena pandemi tak perlu khawatir, karena masih bisa menyusul dengan program imunisasi kejar.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Anak sekaligus Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr dr Hartono Gunardi SpA(K) dalam Media Briefing: Dukungan Multisektoral untuk Kejar Imunisasi, Senin (19/11/2021), 

Kementerian Kesehatan menyebutkan, imunisasi kejar merupakan kegiatan memberikan imunisasi kepada bayi dan Baduta (bawah dua tahun) yang belum menerima dosis vaksin sesuai usia yang ditentukan pada jadwal imunisasi nasional.

Imunisasi kejar dapat diberikan pada anak usia 36 bulan.

Baca juga: Cegah KLB akibat Imunisasi Dasar Anak Tak Lengkap, IDAI Luncurkan LITTLe KU dan I-POINT

"Imunisasi kejar diperlukan untuk melindungi anak dan mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I)," kata Hartono.

Menurut catatan IDAI, sepanjang bulan Oktober hingga November tahun ini sudah ada data peningkatan kasus Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) seperti Difteri, Campak, Rubella, di masing-masing provinsi di Indonesia.

Padahal kasus-kasus PD3I merupakan penyakit menular yang sudah ditemukan vaksin yang terbukti dapat mencegah penularannya.

Oleh karena itu, Hartono mengingatkan agar orang tua memeriksa kelengkapan  imunisasi dasar nasional dan segera melengkapi bila ada yang tertinggal.

Tidak hanya itu, ia juga berpesan kepada para tenaga kesehatan untuk mendata anak-anak yang imunisasinya tertinggil atau tidak lengkap, dapat diberi reminder atau pengingat untuk mereka segera melengkapinya. Imunisasi perlu dicatat dan dilaporkan. 

"Meskipun kita masih pandemi, tapi ingat diutamakan untuk anak-anak lengkapi imunisasi dasar dan ulangannya (baru vaksin Covid-19)," ujarnya.

Jadwal imunisasi nasional

Untuk melihat jenis dan jadwal imunisasi dasar anak, sebenarnya orang tua bisa melihatnya Buku Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA) yang biasanya diberikan oleh pihak fasilitas kesehatan saat ibu sejak hamil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com