Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] WHO: Dunia Ciptakan Ladang Subur bagi Varian Baru Berkembang | Robot Pertama yang Bisa Bereproduksi

Kompas.com - 03/12/2021, 07:11 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut, dunia telah menciptakan kondisi beracun untuk varian Covid-19 baru seperti Omicron berkembang biak.

Cakupan vaksinasi rendah, test rendah, dan masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan menjadikan dunia sebagai ladang subur bagi virus corona berkembang dan bermutasi.

Berkaitan dengan Omicron yang sedang menjadi perhatian dunia, WHO pun mengeluarkan sejumlah panduan pencegahan bagi penduduk Bumi.

Sementara peneliti kesehatan sibuk meneliti Omicron dan berusaha memecahkan misterinya, ilmuwan robotik di AS berhasil menciptakan robot hidup yang diklaim bisa bereproduksi.

Dari luar angkasa, astronom menemukan sepasang lubang hitam supermasif terdekat dengan Bumi, ukuran salah satu lubang hitam itu 154 juta kali massa Matahari.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Kamis (2/12/2021) hingga Jumat (3/12/2021).

Dunia ciptakan ladang subur bagi varian baru berkembang

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, dunia telah menciptakan kondisi beracun untuk varian Covid-19 baru seperti Omicron untuk muncul dan menyebar dengan cepat.

WHO menjelaskan, cakupan vaksinasi yang rendah di semua negara, ditambah tes yang sangat rendah untuk melacak virus dan masyarakat yang abai protokol kesehatan, menjadikan dunia sebagai ladang subur bagi virus untuk berkembang biak.

Badan kesehatan PBB itu menekankan, langkah-langkah menghentikan varian Delta yang dominan secara global otomatis akan menghambat Omicron.

"Kita perlu menggunakan alat yang sudah kita miliki untuk mencegah penularan dan menyelamatkan nyawa dari Delta. Dan jika kita melakukannya, kita juga akan mencegah penularan dan menyelamatkan nyawa dari Omicron," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers, Rabu (1/12/2021).

WHO menambahkan, jika negara dan individu tidak melakukan apa yang perlu dilakukan untuk menghentikan transmisi Delta, penyebaran varian Omicron juga tidak akan berhenti.

Selengkapnya baca di sini:

WHO: Dunia Ciptakan Ladang Subur bagi Varian Baru seperti Omicron Berkembang

Panduan cegah Covid-19 Omicron dari WHO

Dilansir dari laman resmi WHO, langkah yang paling efektif yang dapat dilakukan individu untuk mengurangi infeksi dan mencegah Covid-19, termasuk varian Omicron adalah:

  • Menjaga jarak fisik minimal satu meter dari orang lain.
  • Memakai masker dengan benar.
  • Membuka jendela untuk meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan.
  • Menghindari ruangan yang ramai dan bervintilasi buruk.
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air.
  • Menerapkan etika bersin dan batuk.
  • Mendapatkan vaksin Covid-19 hingga dosis penuh.

Karena Omicron dimasukkan dalam kategori Variant of Concern, ada beberapa tindakan lain yang direkomendasikan oleh WHO untuk dilakukan negara-negara, yakni:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com