Kompas.com - 02/12/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi dinosaurus Stegouros elengassen yang dijuluki dinosaurus lapis baja. Mauricio Álvarez/INSTAGRAMIlustrasi dinosaurus Stegouros elengassen yang dijuluki dinosaurus lapis baja.

KOMPAS.com - Peneliti menemukan spesies baru dinosaurus lapis baja di Chili. Fosil dinosaurus ankylosaurus tersebut memiliki ekor yang sangat aneh, ahli paleontologi menyebutnya sebagai ekor lapis baja.

"Ekornya sangat aneh, karena pendeknya (tubuh) dinosaurus dan bagian belakang terbungkus dalam tulang dermal (tulang yang tumbuh di kulit) membentuk senjata (ekor) yang unik," papar Sergio Soto Acuna, seorang mahasiswa doktoral di Universidad de Chile sekaligus penulis utama studi seperti dilansir dari CNN, Rabu (1/12/2021).

Dilansir dari Live Science, Rabu (1/12/2021) keunikan ekor dinosaurus ini dinilai tidak serupa dengan dinosaurus lain yang telah ditemukan.

Para peneliti menuliskan laporan penemuan spesies baru ini di jurnal Nature yang diterbitkan pada tanggal 1 Desember 2021.

Baca juga: Jejak Dinosaurus di Texas Tampak Aneh, Peneliti Menduga Jejak Kaki Depan Sauropoda

Spesies dinosaurus lapis baja ini dinamai Stegouros elengassen, tingginya sekitar 2 meter.

Menurut perhitungan para ilmuwan, S. elengassen berasal dari periode Kapur akhir, sekitar 71,7 juta hingga 74,9 juta tahun yang lalu.

Penamaan "Stegouros" berasal dari kata Yunani stego berarti atap dan uros yang artinya ekor yang digabungkan menjadi 'ekor beratap'.

Sedangkan nama spesiesnya, "elengassen" berasal dari bahasa Aonikenk, mengacu pada binatang lapis baja dalam mitologi penduduk asli Patagonia.

"Ekornya akan terlihat seperti pedang, sangat datar. Ekornya akan terlihat mirip seperti pedang Aztec," ujar ahli paleontologi vertebrata di Departemen Biologi di Universitas Chili sekaligus peneliti, Alexander Vargas.

Sebagian besar kerangka fosil ditemukan pada Februari 2018 lalu di Provinsi Magallanes di Patagonia, wilayah paling selatan Chili. Selain itu, sisa-sisa kerangka itu cukup lengkap dan dalam kondisi yang baik.