Kompas.com - 02/12/2021, 09:03 WIB
Sepasang lubang hitam ditemukan di galaksi NGC 7727 (ESO/Voggel et al.; ESO/VST ATLAS team)Sepasang lubang hitam ditemukan di galaksi NGC 7727

KOMPAS.com - Astronom berhasil mendeteksi keberadaan sepasang lubang hitam supermasif.

Bukan sepasang lubang hitam biasa, karena itu menjadi lubang hitam supermasif terdekat dengan Bumi yang pernah diamati.

Salah satu lubang hitam supermasif berukuran 154 juta kali massa Matahari. Sementara satunya lagi lebih kecil, hanya 6,3 juta massa Matahari.

Kedua objek itu jaraknya juga lebih dekat daripada pasangan lubang hitam supermasif lain yang terlihat sebelumnya.

Baca juga: Alam Semesta Makin Meluas, Ini Dampaknya pada Lubang Hitam

Astronom juga berpendapat, bahwa lubang hitam yang terletak di galaksi NGC 7727 ini nantinya akan tumbuh begitu berdekatan sehingga akhirnya bergabung menjadi satu lubang hitam yang jauh lebih besar.

Temuan ini pun memberi kita laboratorium yang sangat dekat untuk menyelidiki interaksi antara lubang hitam supermasif sebelum mereka bergabung.

"Ini adalah pertama kalinya kami menemukan dua lubang hitam supermasif yang sedekat itu satu sama lain, kurang dari setengah jarak pemegang rekor sebelumnya," ungkap Karina Voggel, astronom dari Strasbourg Observatory di Prancis.

Jarak tersebut memecahkan rekor pasangan lubang hitam sebelumnya, yang diketahui berjarak 470 juta tahun cahaya. Sementara pasangan lubang hitam baru ini hanya dipisahkan jarak 1600 tahun cahaya.

Mengutip Science Alert, Rabu (1/12/2021) ada beberapa alasan mengapa dua lubang hitam supermasif ini menarik bagi para astronom.

Lubang hitam supermasif tersebut ditemukan di pusat sebagian besar galaksi, inti di mana segala sesuatu lainnya berputar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.