Apa yang Lalat Lakukan Ketika Hinggap di Makanan?

01/12/2021, 11:00 WIB

Oleh: Ravindra Palavalli-Nettimi dan Jamie Theobald

BAYANGKAN, kamu sedang piknik dan ingin memakan sandwich. Tiba-tiba seekor lalat terbang di hadapanmu, dibantu dengan matanya yang banyak dan antenanya, ia hinggap di atas makananmu. Ia berhasil lolos dari pukulanmu, mendarat di sandwich dan kemudian seperti muntah di atasnya!

Ini mungkin tampak menjijikkan, tapi lalat memang memuntahkan makanan yang ia cerna, atau meludahkannya ke atas makananmu.

Sebagian besar dari lebih dari 110.000 spesies lalat yang diketahui manusia tidak memiliki gigi, jadi mereka tidak dapat mengunyah makanannya yang padat. Mulut mereka seperti sedotan spons.

Begitu mereka mendarat di makananmu, mereka perlu mengeluarkan cairan pencernaan untuk mencairkan makanan menjadi sup yang sudah dicerna dan bisa mereka telan. Singkatnya, beberapa lalat menjalani diet cair.

Baca juga: Serba-serbi Hewan, Lalat Buah Lebih Agresif Saat Lapar

Untuk memasukkan lebih banyak makanan ke dalam perut mereka, beberapa lalat mencoba mengurangi cairan yang telah mereka makan. Mereka memuntahkan makanan ke dalam gelembung muntah untuk mengurangi sedikit. Setelah sebagian air menguap mereka dapat menelan makanan yang lebih pekat ini.

Manusia tidak perlu meludah dan memuntahkan sesuatu seperti ini untuk mendapatkan nutrisi dari makanan. Tapi kamu menghasilkan cairan pencernaan dalam air liurmu, enzim yang disebut amilase, yang mencerna sandwich saat kamu mengunyah.

Amilase memecah pati yang tidak memiliki rasa, menjadi gula sederhana seperti glukosa. Itu sebabnya roti semakin manis bila kamu mengunyahnya semakin lama.

Apakah kamu tahu bahwa lalat dapat merasakan makanannya tanpa menggunakan mulut mereka? Saat mereka hinggap, mereka akan menggunakan reseptor pada kaki mereka untuk mendeteksi apakah mereka berdiri di atas sesuatu bernutrisi.

Kamu juga pasti menyadari bahwa lalat menggosokkan kedua tangannya, seperti orang yang mempersiapkan dirinya untuk melahap makanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.