9 Manfaat Bambu di Indonesia, Dari untuk Upacara Adat hingga Konstruksi Bangunan

Kompas.com - 26/11/2021, 18:06 WIB
Ilustrasi bambu. Bagi masyarakat Indonesia, bambu memiliki berbagai manfaat. Manfaat bambu di Indonesia digunakan dalam upacara adat, senjata, kerajinan bambu hingga konstruksi bangunan. SHUTTERSTOCK/Jamie FarrantIlustrasi bambu. Bagi masyarakat Indonesia, bambu memiliki berbagai manfaat. Manfaat bambu di Indonesia digunakan dalam upacara adat, senjata, kerajinan bambu hingga konstruksi bangunan.


KOMPAS.com - Bambu seringkali dianggap sebagai tanaman yang hanya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bangunan atau di makan umbinya, tetapi ternyata bambu bisa dimanfaatkan lebih dari itu. Bambu di Indonesia pun masih dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Indonesia termasuk negara dengan keragaman produk bambu yang tinggi. Dari 1.439 jenis bambu di dunia, 162 jenis pohon bambu ada di Indonesia. 

Manajer program Pertanian Yayasan Kehati, Puji Sumedi Hanggarawai mengatakan, kehidupan masyarakat Indonesia tidak lepas dari fungsi tanaman bambu, bahkan dari sejak lahir sampai meninggal.

Namun, menurut Puji, masih sedikit masyarakat Indonesia termasuk generasi muda yang memiliki pengetahuan tentang bambu, baik dari jenis, manfaat bambu, keunggulan dan perannya dalam menjaga peradaban dan kehidupan manusia.

"Maka dari itu, diperlukan keterlibatan semua pihak untuk mengedukasi, sekaligus melestarikan tanaman bambu Indonesia,” kata Puji dalam diskusi daring bertajuk BW in Training: Mengenal Bambu, Mengenal Indonesia, Kamis (26/11/2021).

Berikut beberapa manfaat bambu di Indonesia, yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat tradisional, bahkan masih banyak yang digunakan sampai saat ini. 

Baca juga: Video Hewan, Panda Ini Lebih Pilih Ngemil Bambu Dibanding Kawin

1. Manfaat bambu untuk upacara adat

Pada pemakaman, jenazah biasanya dibawa dengan keranda yang dibuat segera dengan bambu, dan batang-batang bambu juga digunakan untuk menutup jenazah di liang lahat sebelum ditimbun tanah. 

Di masyarakat Hindu Bali, upacara pembakaran jenazah (palebon atau ngaben) membutuhkan banyak bambu untuk mengusung jenazah dalam konstruksi yang tinggi dan besar. 

Masyarakat Toraja, seperti di Rantepao, menempatkan jenazah di liang batu di sebuah tebing yang tinggi membutuhkan banyak bambu untuk mengangkatnya. Bahkan pada kalangan elit, rumah-rumah bambu harus dibuat untuk keperluan upacara pemakaman yang megah. 

Sesaji pada masyarakat Hindu atau penganut agama lokal masih banyak yang menggunakan bambu. 

Di Bali, penjor yang di tempatkan di banyak tempat memeriahkan hari-hari penting keagamaan. Batang bambu yang menjulang dan melengkung dengan hiasan janur menjadi unsur yang penting dalam ritual keagamaan ini. Sesaji umumnya juga diletakkan dalam wadah dari anyaman bambu.

2. Manfaat bambu untuk senjata

Buluh bambu, khususnya bagian luar dengan serat yang padat dan keras bisa diruncingkan dan menjadi tajam. Manfaat ujung bambu yang tajam ini menjadikan bambu bisa menjadi senjata yang efektif, dan mudah dibuat. 

Baca juga: Dahulu, Selain Makan Bambu, Panda Juga Makan Daging

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.