Kompas.com - 24/11/2021, 18:01 WIB
Ilustrasi hujan PexelsIlustrasi hujan

KOMPAS.com-Sebagian besar wilayah tanah air sudah memasuki musim penghujan.

Epidemiolog Universita Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Citra Indirani pun mengingatkan selain waspada terhadap pandemi Covid-19 yang belum berakhir, ia juga meminta masyarakat untuk bersiap menghadapi sejumlah penyakit yang timbul di saat musim hujan.

Lalu apa saja penyakit yang biasanya muncul saat musim hujan?

Dikutip dari laman resmi UGM, Selasa (23/11/2021) salah satu penyakit yang kerap mengancam masyarakat kala musim hujan melanda adalah demam berdarah dengue (DBD).

Baca juga: Sering Hujan dan Banjir, Apakah Sudah Masuk Puncak Musim Hujan? Ini Kata BMKG

"Ada potensi peningkatan kasus DBD saat musim hujan. Sebab ketika musim hujan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti sehingga penularannya juga semakin tinggi," ungkap Citra.

Untuk itu penting melakukan upaya pencegahan yaitu 3M Plus. Menurut Kemenkes, kegiatan tersebut meliputi menguras penampungan air, menutup penampungan air, dan yang terakhir mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk demam berdarah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu yang dimaksud Plus adalah bentuk pencegahan tambahan, beberapa di antaranya seperti menggunakan obat anti nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk dan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Tak hanya DBD saja yang menjadi ancaman, Citra juga mengungkapkan kalau leptospirosis menjadi penyakit yang banyak timbul saat musim penghujan, terutama di daerah yang banyak terdapat genangan air atau kondisi banjir.

Bakteri leptosira sendiri dapat menginfeksi manusia lewat kulit, khususnya jika ada luka.

"Upayakan selalu menggunakan alas kaki agar terhindar dari leptospirosis," papar dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan serta peneliti Pusat Kedokteran Tropis UGM ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.