Dinosaurus Ompong Bertubuh Kecil yang Langka Ditemukan di Brasil

Kompas.com - 20/11/2021, 11:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Para peneliti menemukan fosil dinosaurus yang sangat langka di Brasil. Sebab, selain bertubuh kecil, dinosaurus ini tidak bergigi atau ompong.

Dilansir dari Science Alert, Sabtu (20/11/2021), spesies dinosaurus berkaki dua dan tidak bergigi ini diketahui pernah hidup sekitar 70 juta tahun yang lalu.

Menurut peneliti, penemuan fosil dinosaurus ini terbilang sangat langka. Dinosaurus kecil yang ompong atau tidak memiliki gigi ini, memiliki ukuran tubuh sekitar satu meter dan tinggi 80 cm.

Peneliti mengatakan bahwa dinosaurus tersebut adalah spesies dinosaurus dari keluarga theropoda, yakni kelompok yang anggotanya hampir semuanya diyakini sebagai karnivora.

Namun, sisa fosil dinosaurus yang ditemukan ini sangat aneh. Spesies dinosaurus yang kemudian dijuluki sebagai Berthasaura leopoldinae ini memiliki mulut seperti paruh tanpa gigi.

"Itu benar-benar kejutan," kata ahli paleontologi yang menemukan fosil dinosaurus ompong tersebut dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Museum Nasional Brasil.

Nama spesies dinosaurus ompong tersebut, Berthasaura leopoldinae, diambil dari nama Bertha Lutz, seorang ilmuwan dan feminis Brasil yang dihormati yang meninggal pada tahun 1976, dan untuk Maria Leopoldina, permaisuri Brasil abad ke-19, yang merupakan pelindung sains.