Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinosaurus Ompong Bertubuh Kecil yang Langka Ditemukan di Brasil

Kompas.com - 20/11/2021, 11:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Para peneliti menemukan fosil dinosaurus yang sangat langka di Brasil. Sebab, selain bertubuh kecil, dinosaurus ini tidak bergigi atau ompong.

Dilansir dari Science Alert, Sabtu (20/11/2021), spesies dinosaurus berkaki dua dan tidak bergigi ini diketahui pernah hidup sekitar 70 juta tahun yang lalu.

Menurut peneliti, penemuan fosil dinosaurus ini terbilang sangat langka. Dinosaurus kecil yang ompong atau tidak memiliki gigi ini, memiliki ukuran tubuh sekitar satu meter dan tinggi 80 cm.

Peneliti mengatakan bahwa dinosaurus tersebut adalah spesies dinosaurus dari keluarga theropoda, yakni kelompok yang anggotanya hampir semuanya diyakini sebagai karnivora.

Namun, sisa fosil dinosaurus yang ditemukan ini sangat aneh. Spesies dinosaurus yang kemudian dijuluki sebagai Berthasaura leopoldinae ini memiliki mulut seperti paruh tanpa gigi.

"Itu benar-benar kejutan," kata ahli paleontologi yang menemukan fosil dinosaurus ompong tersebut dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Museum Nasional Brasil.

Nama spesies dinosaurus ompong tersebut, Berthasaura leopoldinae, diambil dari nama Bertha Lutz, seorang ilmuwan dan feminis Brasil yang dihormati yang meninggal pada tahun 1976, dan untuk Maria Leopoldina, permaisuri Brasil abad ke-19, yang merupakan pelindung sains.

Baca juga: Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di Inggris, Apa Keunikannya?

 

Temuan fosil dinosaurus ompong yang langka ini telah dipublikasikan di jurnal Nature.

Para peneliti menyebut temuan dinosaurus ompong tanpa gigi dan bertubuh kecil ini sebagai salah satu dinosaurus paling lengkap yang ditemukan dari periode Cretaceous atau Zaman Kapur di Brasil.

 

"Bagian (mulut dinosaurus) ompong menimbulkan keraguan tentang jenis makanan apa yang dimiliki hewan ini," kata peneliti Geovane Alves Souza, salah satu penulis studi tersebut.

"Namun, bukan berarti ia tidak makan daging. Banyak burung, seperti elang dan elang, makan daging dengan paruh," imbuhnya.

Kemungkinan besar, kata dia, dinosaurus ompong ini adalah omnivora yang hidup di lingkungan yang tidak ramah, di mana ia harus makan apa pun yang bisa ia makan.

Kerangka spesies baru dinosaurus itu ditemukan di sepanjang jalan pedesaan di negara bagian selatan Parana, Brasil, antara tahun 2011 dan 2014.

Analisis studi pada fosil dinosaurus tersebut mengungkapkan bahwa dinosaurus ini adalah spesies yang sama sekali baru, yang hidup antara 70 juta dan 80 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Ahli Identifikasi Dinosaurus Terpanjang yang Pernah Hidup di Dunia, Ini Rupanya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com