Kompas.com - 17/11/2021, 08:01 WIB
Gambar berwarna SARS-CoV-2 menginfeksi sel paru-paru manusia. Ehre Lab/UNC School of Medicine/IFL ScienceGambar berwarna SARS-CoV-2 menginfeksi sel paru-paru manusia.

KOMPAS.com - Sebuah studi baru yang dilakukan para peneliti di Cleveland State University menemukan hubungan virus corona SARS-CoV-2, dalam memengaruhi sel paru-paru manusia, inang virus penyebab Covid-19 tersebut.

Hasil penelitian ini diklaim dapat mengarahkan pada peningkatan perawatan yang tepat dan pengembangan vaksin Covid-19 maupun untuk virus serupa.

Dilansir dari Medical Xpress, Rabu (17/11/2021), studi ini telah diterbitkan di American Society of Microbiology's Journal of Virology.

Para ilmuwan meyakini bahwa studi ini dapat memberikan wawasan yang signifikan tentang hubungan inang virus corona yakni sel paru-paru manusia dengan virus SARS-CoV-2 yang menginfeksinya.

"Kami menemukan rute komunikasi (hubungan) baru antara virus SARS-CoV-2 dan sel paru-paru manusia," kata pemimpin studi Barsanjit Mazumder, Ph.D., profesor genetika molekuler di CSU's Department of Biological Geological and Environmental Sciences and the Center for Gene Regulation in Health and Disease.

Mazumder mengungkapkan, studi ini telah menunjukkan bagaimana hubungan virus Covid-19, SARS-CoV-2 menggunakan sinyal spesifik dalam urutan RNA-nya yang digunakan dalam berkomunikasi dengan sinyal yang dihasilkan sel paru-paru manusia.