Ahli Identifikasi Dinosaurus Terpanjang yang Pernah Hidup di Dunia, Ini Rupanya

Kompas.com - 16/11/2021, 20:09 WIB

KOMPAS.com - Peneliti akhirnya berhasil mengidentifikasi dinosaurus terpanjang yang pernah hidup di planet ini.

Medali emas itu diberikan pada Supersaurus, sauropoda berleher panjang yang memiliki ekor seperti cambuk.

Supersaurus dipandang sebagai salah satu dinosaurus terpanjang. Namun sebelumnya, bukti mengenai ukuran tubuhnya sulit didapat karena fosil yang ditemukan terpisah-pisah.

Baca juga: Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di Inggris, Apa Keunikannya?

Hal tersebut menurut Brian Curtice, ahli paleontologi di Museum Sejarah Alam Arizona yang mempelopori peneltian membuat peneliti tak dapat memperkirakan panjangnya secara akurat.

Namun dalam studi terbaru, berdasarkan analisis kerangka yang layak peneliti berhasil menunjukkan bahwa Supersaurus merupakan dinosaurus terpanjang.

Mengutip Science Alert, Selasa (16/11/2021) perjalanan untuk menghasilkan kesimpulan tersebut butuh waktu yang tak sebentar. Setidaknya perlu 50 tahun bagi para peneliti untuk mengetahuinya.

Spesimen Supersaurus sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1972 di Dry Mesa Dinosaur Quarry di Colorado. Tapi saat itu tak jelas tulang-tulang itu milik jenis dinosaurus apa.

Tempat tersebut juga ternyata menyimpan tulang tambahan yang menurut peneliti merupakan dua dinosaurus sauropoda lain. Dua fosil itu diberi nama Utrasaurus dan Dystylosaurus.

Tetapi setelah pengklasifikasian ulang, peneliti mengambil kesimpulan jika ketiga fosil di atas rupanya merupakan milik satu jenis dinosaurus yaitu, Supersaurus.

Dari hasil tersebut peneliti pun dapat mengidentifikasi ketika Supersaurus hidup sekitar 150 juta tahun lalu selama periode Jurassic, dinosaurus tersebut memiliki panjang 39 meter dan bahkan bisa mencapai 42 meter dari moncong hingga ke ekor.

Baca juga: Peneliti Ungkap Dinosaurus yang Pertama Kali Ditemukan di Greenland, Seperti Apa?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.