Kompas.com - 15/11/2021, 08:01 WIB
Ilustrasi atmosfer. shutterstock.comIlustrasi atmosfer.

KOMPAS.com - Studi baru menunjukkan, atmosfer bumi meningkat karena perubahan iklim. Ahli berpendapat, hal ini akan memengaruhi dunia penerbangan.

Dilansir dari Live Science, Minggu (14/11/2021), pengukuran balon cuaca yang dilakukan di belahan bumi utara selama 40 tahun terakhir mengungkap bahwa lapisan terendah bumi (troposfer) mengembang ke atas dengan kecepatan kira-kira 50 meter per dekade karena perubahan iklim.

Kesimpulan itu dipaparkan dalam temuan terbaru yang terbit di jurnal Science Advances edisi 5 November 2021.

"Ini pertanda jelas dari perubahan struktur atmosfer," ungkap rekan penulis studi Bill Randel, seorang ilmuwan di Pusat Penelitian Atmosfer Nasional di Boulder, Colorado.

"Hasil ini memberi konfirmasi, di samping semua bukti yang sudah ada, bahwa gas rumah kaca mengubah atmosfer kita."

Baca juga: Studi Baru Ungkap Tanaman Pangan Bakal Terdampak Perubahan Iklim

Troposfer adalah lapisan atmosfer tempat kita hidup dan bernapas. Ini membentang dari permukaan laut hingga ketinggian mulai dari 7 kilometer di atas kutub hingga 20 km di atas daerah tropis.

Sebagai lapisan atmosfer yang paling banyak mengandung panas dan kelembaban, troposfer juga menjadi tempat terjadinya banyak cuaca atmosfer.

Udara di atmosfer mengembang saat panas dan menyusut saat dingin, sehingga batas atas troposfer yang disebut tropopause, secara alami menyusut dan mengembang seiring perubahan musim.

Tetapi dengan menganalisis data atmosfer seperti tekanan, suhu, dan kelembaban — yang diambil antara 20-80 derajat lintang utara — dan memasangkannya dengan data GPS, para peneliti menunjukkan bahwa dengan meningkatnya jumlah gas rumah kaca akan meningkatkan ketinggian tropopause.

Untuk diketahui, gas rumah kaca memerangkap lebih banyak panas di tropopause.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.