Kompas.com - 14/11/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi burung goldcrest sedang bertanggar di dahan pohon. PIXABAY/TheOtherKevIlustrasi burung goldcrest sedang bertanggar di dahan pohon.

KOMPAS.com - Burung sering dianggap sebagai spesies penjaga yang menandai kesehatan ekosistem secara keseluruhan. Hal itulah yang menjadikan para ilmuwan sangat tertarik untuk menyelidiki bagaimana burung merespons perubahan iklim.

Studi terbaru menunjukkan bahwa banyak spesies burung paling sensitif di kawasan hutan hujan Amazon mulai berevolusi sebagai respons terhadap pemanasan global.

Sebuah laporan tahun 2019 oleh National Audubon Society menemukan, lebih dari dua pertiga spesies burung di Amerika Utara rentan terhadap kepunahan pada tahun 2100 jika tren pemanasan terus berlanjut.

Dilansir dari National Geographic, Sabtu (13/11/2021), penelitian selama empat dekade terakhir mengenai data spesies burung menunjukkan bahwa ketika musim kemarau di Amazon semakin panas dan gersang, beberapa spesies tampaknya berubah secara fisik.