Kompas.com - 11/11/2021, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Dua negara yang paling banyak mengeluarkan emisi karbon dioksida bersepakat untuk bekerjasama mengatasi perubahan iklim pada Rabu (10/11/2021).

"Inilah hal yang betul-betul fenomenal di Glasgow. Lainnya sebenarnya biasa saja," begitu kata seorang jurnalis India saat berbincang dengan Kompas.com di Media Center, Scottish Event Campus, tempat penyelenggaraan COP26.

Bukan hanya satu jurnalis itu yang berkomentar. Delegasi dan pakar yang berbicara dengan Kompas.com mengatakan bahwa pengumuman di Giant's Causeway, bagian paling belakang lokasi COP26, pengumuman itu fenomenal.

John Kerry, Utusan Khusus Bidang Iklim Amerika Serikat sendiri mengatakan bahwa kerjasama itu luar biasa di tengah banyaknya perbedaan yang dimiliki kedua negara.

Baca juga: Minggu Kedua COP26, Indonesia Pastikan Janji-janji Pendanaan Iklim

"Terlepas dari banyak perbedaan yang kita semua tahu bersama, untuk iklim, kami memutuskan bekerjasama," demikian katanya.

"Ini bukan karena atas kemauan China atau Amerika Serikat saja, tetapi karena memang sains meminta kami untuk melakukannya," imbuhnya lagi.

Kesepakatan yang dinamai China-US Join Glasgow Declaration in Enhancing Climate Action itu mencakup banyak hal penting.

Kedua negara sepakat untuk melakukan aksi secepatnya mengurangi emisi metana, gas perusak atmosfer yang dihasilkan lewat pertanian, peternakan dan proses industri.

China akan merilis rencana nasional pengurangan emisi metana yang "ambisius dan komprehensif" saat COP27 yang kemungkinan akan diadakan di Mesir.

Baca juga: Perhitungan COP26, Suhu Bumi Diprediksi Naik 2,4 Derajat Celsius

Upaya lain yang diumumkan dalam kerjasama itu adalah langkah untuk mengurangi penggunaan batubara, terutama dalam pembangkitan listrik.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.