Kompas.com - 11/11/2021, 07:07 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains sepanjang Rabu (10/11/2021) hingga Kamis (11/10/2021) pagi. Penjelasan apakah bayi boleh diajari makan cabai, Eropa pusat pandemi baru, sarapan apa untuk turunkan BB, hingga dampak perubahan iklim terhadap tanaman pangan. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains sepanjang Rabu (10/11/2021) hingga Kamis (11/10/2021) pagi. Penjelasan apakah bayi boleh diajari makan cabai, Eropa pusat pandemi baru, sarapan apa untuk turunkan BB, hingga dampak perubahan iklim terhadap tanaman pangan.


KOMPAS.com - Sebuah video yang menunjukkan seorang ibu menyuapi anaknya yang masih di bawah 2 tahun dengan makanan pedas viral di sosial media. Sebenarnya apa dampaknya balita diberi makan cabai?

Penjelasan dari ahli gizi ini menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com sepanjang Rabu (10/11/2021).

Selain itu, WHO menyebut saat ini Eropa menjadi pusat pandemi baru karena meningkatnya kasus di sana dan jumlah kematian yang juga bertambah.

Makanan terbaik saat sarapan yang bantu menurunkan berat badan hingga dampak perubahan iklim terhadap tanaman pangan yang mengkhawatirkan pun menjadi berita populer lainnya.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (10/11/2021) hingga Kamis (11/10/2021).

Bahayakah balita diberi makan cabai?

Ahli gizi DR dr Tan Shot Yen, M.hum mengungkapkan, bahwa makanan pedas erat kaitannya dengan budaya dan selera setiap orang. Sebab, bagi beberapa orang, rasa pedas justru meningkatkan nafsu makan.

"Memang bagi beberapa orang, pedas menyebabkan nafsu makan meningkat. Bisa jadi pada balita juga, tapi melihat dampak jangka panjangnya, ada baiknya frekuensi dan tingkat kepedasan menjadi pertimbangan, terutama bagi anak di bawah umur," jelasnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/11/2021).

Sementara itu, menyoal usia berapa sebaiknya anak-anak diperbolehkan makan makanan pedas, Tan menyebut, bahwa usia berapa pun diperbolehkan dengan catatan tidak ada paksaan bagi anak untuk membiasakan makan pedas seperti cabai.

Pasalnya, memaksakan anak-anak untuk memakan cabai dapat memberikan trauma kepada mereka. Artinya, orangtua memang harus ekstra hati-hati dalam memberikan asupan makanan kepada balita.

Diakui Tan banyak pula orangtua yang bertanya, perlukah mereka mengajarkan anak-anak untuk makan pedas sejak dini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.