Bagaimana Burung Bertahan Hidup dari Hantaman Asteroid Pembunuh Dinosaurus?

Kompas.com - 08/11/2021, 10:05 WIB
Ilustrasi burung terbang freepik.com/rawpixel.comIlustrasi burung terbang

KOMPAS.com - Saat asteroid menghantam Bumi sekitar 66 juta tahun yang lalu, peristiwa tersebut menyebabkan banyak peristiwa mengerikan.

Sebut saja kebakaran hutan, hujan asam, tsunami, letusan gunung berapi, dan yang paling ekstrem adalah menewaskan sekitar 80 persen spesies hewan, salah satunya dinosaurus.

Namun secara misterius, beberapa garis keturunan burung justru bisa bertahan hidup. Mengapa itu bisa terjadi? Penelitian baru mengungkap hal tersebut.

Dalam studi terbaru ini peneliti menganalisis tengkorak burung purba yang terpelihara dengan baik.

Baca juga: Mengenal Burung Berkaki Panjang yang Merawat Rumput Lapangan JIS

Mengutip Live Science, Minggu (7/11/2021) tulang burung sendiri sangat halus dan jarang memfosil dengan baik. Itu artinya para ilmuwan hampir tak pernah melihat dengan baik tempurung otak burung purba.

Tetapi beberapa tahun yang lalu, peneliti menemukan fosil 3D Ichthyornis, seekor burung purba yang hidup selama periode Cretaceous, yang terawetkan dengan baik.

Fosil ditemukan dalam formasi batuan yang berasal dari 87 juta hingga 82 juta tahun yang lalu di Kansas.

"Fosil tersebut memiliki tengkorak yang hampir lengkap yang sangat langka baik untuk spesies Ichthyornis maupun fosil burung pada umumnya," ungkap Chris Torres, ketua peneliti studi ini.

Ia mengungkapkan jika fosil mengawetkan sebagian besar tulang yang membentuk tengkorak, sehingga memberi pandangan lengkap pertama pada banyak tulang tersebut.

Torres bersama rekan-rekannya pun menggunakan pemindaian CT sinar-X untuk merekonstruksi kerangka muka dan struktur otak Ichthyornis secara detail.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.