Kompas.com - 06/11/2021, 11:02 WIB
Pelepasan burung kaki bayam di atas rumput lapangan latih JIS, Jakarta Utara, Rabu (3/11/2021). Abdu FaisalPelepasan burung kaki bayam di atas rumput lapangan latih JIS, Jakarta Utara, Rabu (3/11/2021).


KOMPAS.com - Keberadaan burung gagang bayam timur di lapangan Jakarta International Stadium (JIS) menarik perhatian. Sebab, sekawanan burung ini dimanfaatkan untuk merawat rumput lapangan sepak bola tersebut.

Lapangan sepak bola ini mengusung tema green building. Oleh sebab itu, seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (4/11/2021) rumput yang digunakan di lapangan tersebut sangat spesial, sehingga dibutuhkan perawatan yang ekstra.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memanfaatkan burung gagang bayam timur untuk merawat rumput stadion JIS sebagai perawatan alami.

Sebab, menurut pihak Jakpro, jenis burung yang digunakan untuk mengusir hama tersebut yakni gagang bayam timur atau Himantopus leuchocephalus.

Peneliti burung di Pusat Riset Biologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Tri Haryoko menyebut, ada dua jenis burung gagang bayam yakni burung gagang bayang belang atau black winged stilt dan gagang bayam timur atau white headed stilt.

"Secara morfologi burung ini (gagang bayam timur) sangat menarik karena memiliki warna bulu hitam dan putih dengan paruh yang tipis panjang hitam, dan memiliki ukuran kaki sangat panjang berwarna merah jambu," jelas Tri saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/11/2021).

Baca juga: 4 Fakta Burung-burung Raptor yang Bermigrasi ke Hutan Indonesia

Burung gagang bayam merawat rumput JIS

Terkait apakah burung jenis ini sangat baik dalam merawat rumput, Tri mengungkapkan, jika dilihat berdasarkan perilaku pakannya, burung ini biasa memangsa larva dan serangga air dewasa.

Mangsa burung ini seperti kumbang, mayflies, lalat kadis, kutu air, capung, lalat, kutu daun, kupu-kupu, ngengat, laba-laba, hingga cacing. Artinya, burung gagang bayam timur tersebut memang bermanfaat untuk membersihkan rumput dari hama maupun serangga.

"Saya belum tahu bagaimana penggunaan burung ini untuk perawatan rumput yang dilakukan oleh JIS. Di samping itu, burung ini adalah jenis burung liar sehingga sangat sulit untuk dijinakkan. Sehingga ketika melepaskan burung ini untuk perawatan rumput, saya pikir burung ini akan terbang dan mungkin tidak kembali lagi ke area yang rumputnya akan dirawat, karena itu bukan habitat mereka," ungkap Tri.

Fakta burung perawat rumput lapangan JIS

1. Habitat burung gagang bayam

Kendati kini burung-burung gagang bayam timur ini menjadi penghuni lapangan Jakarta International Stadium (JIS), namun habitat burung berkaki panjang ini aslinya di lahan basah air tawar, termasuk rawa-rawa, tepi danau, sungai, muara, ditemukan juga di pesisir serta rawa asin.

Baca juga: Pertama di Dunia, Burung Condor California Lahir Tanpa Pejantan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.