[POPULER SAINS] Tips Menghindari Gagal Jantung | Bukti Ritual Pengorbanan Manusia Peradaban Kuno

Kompas.com - 04/11/2021, 09:00 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains sepanjang Rabu (3/11/2021) hingga Kamis (4/11/2021) pagi. Fakta tentang gagal jantung, mulai dari tips menghindari, 4 jenisnya, kenapa bisa dialami orang muda menjadi berita populer Sains. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains sepanjang Rabu (3/11/2021) hingga Kamis (4/11/2021) pagi. Fakta tentang gagal jantung, mulai dari tips menghindari, 4 jenisnya, kenapa bisa dialami orang muda menjadi berita populer Sains.

KOMPAS.com - Meninggalnya pesinetron muda Hanna Kirana karena gagal jantung membuat kita sadar bahwa penyakit yang bisa berakibat fatal ini juga mengintai orang muda.

Beberapa berita populer Sains Kompas.com sepanjang Rabu (4/11/2021) hingga Kamis (5/11/2021) pagi membahas tentang gagal jantung.

Mulai dari tips menghindari gagal jantung, 4 jenis gagal jantung, hingga penyebab gagal jantung dialami orang muda.

Selain itu, temuan bukti ritual pengorbanan manusia dari peradaban Peru kuno juga menjadi berita populer lainnya.

Berikut rangkuman berita populer Sains Kompas.com sepanjang Rabu (3/11/2021) hingga Kamis (4/11/2021).

Tips menghindari gagal jantung

Gagal jantung adalah kondisi ketika otot jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh sebagaimana mestinya atau seperti kondisi normal.

Jantung memiliki ukuran sebesar 2 kepalan tangan, berdetak sebanyak 100.000 kali per menit dan 35.000.000 kali dalam setahun.

Setiap menitnya, jantung bisa memompa darah 5-6 liter, dan memompa darah 7.500 liter per hari.

Dokter dari Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM dr. Humaera Elphananing Tyas memberi beberapa tips untuk menjaga kesehatan jantung, yaitu:

  • makan dengan teratur
  • jangan terlalu sering mengonsumsi makanan instant serta junk food
  • perbanyak makan buah dan sayur
  • banyak minum air putih
  • hindari stres
  • olahraga rutin

Selain itu, dokter Humaera juga menyarankan dilakukannya screening jantung. Sebab, gagal jantung tidak hanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak baik, tetapi juga karena faktor genetik.

Dengan dilakukan screening jantung, maka diharapkan dapat mengetahui kelainan atau kendala-kendala yang ada pada jantung. 

Selengkapnya baca di sini:

Hanna Kirana Meninggal karena Gagal Jantung, Ini Tips Menghindarinya

4 Jenis gagal jantung dan cara mencegahnya

Ada 4 jenis gagal jantung. Gagal jantung dapat terjadi di sisi kiri atau kanan jantung Anda. Mungkin juga terjadi di kedua sisi jantung Anda pada saat yang bersamaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.