Kompas.com - 01/11/2021, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Conference of the Parties (COP) ke-26 (kemudian disebut COP26) yang membahas tentang perubahan iklim resmi dibuka.

Bertempat di Glasgow, Skotlandia, delegasi dari sekitar 200 negara hadir, termasuk Presiden Joko Widodo.

Dilansir dari AP News, Minggu (31/10/2021), pembukaan COP26 telah dilakukan pada hari Minggu.

Kemudian di hari ini, para pemimpin dunia akan memaparkan upaya dari negara masing-masing untuk mengekang emisi gas rumah kaca, mengurangi emisi pada tahun 2030, dan menangani dampak perubahan iklim.

Baca juga: Anak Kelahiran 2020 Terancam Hadapi Gelombang Panas 6,8 Kali Lebih Banyak

Pemanasan global karena emisi bahan bakar fosil yang disebabkan manusia membuat para ilmuwan mendesak perlunya tindakan segera untuk menghindari bencana iklim.

Para negosiator pun mendorong negara-negara untuk meningkatkan upaya mereka dalam menjaga suhu global agar tidak naik lebih dari 1,5 derajat Celsius pada abad ini.

Menurut Alok Sharma, menteri pemerintah Inggris yang memimpin COP26, pertemuan ini adalah harapat terakhir dan terbaik untuk menjaga suhu Bumi tidak naik 1,5 derajat Celsius.

Para ilmuwan mengatakan peluang untuk mencapai target 1,5 derajat Celsius, yang menjadi kesepakatan dalam Perjanjian Paris 2015, perlahan-lahan menghilang.

Dibanding masa pra-industri, dunia telah menghangat lebih dari 1,1 derajat Celsius dan proyeksi saat ini berdasarkan pengurangan emisi yang direncanakan selama dekade berikutnya akan mencapai 2,7 derajat Celsius pada tahun 2100.

Para ahli memperingatkan, jumlah energi yang dilepaskan oleh pemanasan global akan mencairkan sebagian besar es Bumi, menaikkan permukaan laut global, serta meningkatkan kemungkinan dan intensitas cuaca ekstrem.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AP News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.