Kompas.com - 31/10/2021, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Cahaya adalah benda yang bergerak paling cepat di alam semesta. Dalam ruang hampa, kecepatan cahaya mencapai 300.000 kilometer per detik. Maka, jika kecepatan cahaya lebih lambat kita pasti akan menyadarinya.

Pernahkah Anda bertanya-tanya hal apa yang akan terjadi jika kecepatan cahaya melambat?

Meski fenomena ini mungkin tak akan terjadi, tetapi peneliti memberikan gambaran saat kecepatan cahaya lebih lambat. 

Game komputer yang dibuat oleh direktur pengembangan pendidikan dan teknologi di ETH Zurich di Swiss, Gerd Kortemeyer bersama rekannya memberikan ilustrasi jika kecepatan cahaya menjadi lambat.

Dalam game tersebut, Anda dapat melihat efek aneh dari perubahan warna dan kecerahan, bahkan perubahan pada panjang objek yang dirasakan, akibat dari kecepatan cahaya yang jauh lebih lambat.

Baca juga: Seperti Apa Rasanya Traveling dengan Kecepatan Cahaya?

Faktanya, pada kecepatan tercepat sekali pun, manusia masih jauh lebih lambat dibandingkan dengan cahaya.

"Perjalanan tercepat yang pernah dilakukan manusia adalah sekitar 0,0037 persen dari kecepatan cahaya, dan Anda perlu berada di semacam kendaraan luar angkasa untuk mencapai kecepatan itu," jelas peneliti di MIT Game Lab, Philip Tan sepeti dilansir dari Live Science, Sabtu (30/10/2021).

Tetapi dengan melakukan eksperimen, fisikawan telah menentukan bahwa hal-hal yang tidak biasa akan terjadi jika manusia dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan mendekati cahaya.

Menurut teori relativitas khusus Albert Einstein yang menjelaskan bagaimana kecepatan memengaruhi massa, waktu, dan ruang. Saat waktu melambat, kita dapat mengukur objek lebih pendek saat kita melesat melewatinya.

Selain itu, efek Doppler yakni pergeseran warna merah atau biru pada frekuensi cahaya akan terlihat di antara perubahan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.