Kompas.com - 30/10/2021, 21:02 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Badai Matahari adalah peristiwa peningkatan radiasi secara mendadak di Matahari. Peristiwa ini berupa ledakan dengan skala yang besar karena ukuran Matahari yang juga besar.

Peristiwa yang terjadi pada ledakan Matahari dapat berbeda-beda. Salah satu peristiwanya disebut sebagai flare.

Flare adalah ledakan di daerah aktif Matahari yang ditandai dengan peningkatan cahaya di bagian tertentu Matahari, seolah tiba-tiba langit menjadi lebih terang dengan sangat cepat.

Mengenai peristiwa badai Matahari, dilansir dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), berikut adalah fakta tentang badai Matahari:

1. Penyebab badai Matahari

Badai Matahari merupakan suatu fenomena pelepasan energi di atmosfer Matahari yang berkaitan dengan medan magnet itu sendiri.

Baca juga: Tidak Hanya Kiamat Internet, Ini 4 Dampak Badai Matahari Ekstrem

Penyebab badai Matahari adalah pergerakan plasma atau dinamika yang bergerak di dalam dan di permukaan Matahari.

2. Pengaruh badai Matahari pada kehidupan manusia

Dalam kaitannya dengan kehidupan manusia, badai Matahari yang cukup besar dan mengarah tepat ke Bumi dapat mengganggu kehidupan manusia.

Secara spesifik, badai Matahari dapat menyebabkan gangguan pada kondisi di atmosfer, khususnya ionosfer maupun geomagnet Bumi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.