Kompas.com - 28/10/2021, 21:04 WIB
Katak freepikKatak

KOMPAS.com - Pada musim hujan biasanya kamu akan sering bertemu dengan katak dan kodok. Tahukah kamu perbedaan katak dan kodok?

Perbedaan katak dan kodok

Baik katak dan kodok adalah sama-sama hewan amfibi. Namun, keduanya berasal dari famili yang berbeda. Katak berasal dari famili Ranidae dan memiliki lebih 400 spesies.

Sedangkan kodok berasal dari famili Bufonidae yang memiliki lebih dari 300 spesies. Kodok di Indonesia sering dikenal juga dengan nama bangkong.

Walaupun bentuknya serupa, ternyata katak dan kodok sangat berbeda. Ini perbedaan katak dan kodok.

1. Kulit

Kulit katak memiliki permukaan yang licin dan mengkilap. Kulit katak selalu terlihat basah. Katak tidak bisa hidup jauh dari sumber air.

Sedangkan kodok, lebih banyak ditemukan di iklim yang lebih kering. Kulitnya juga lebih kasar dan bertekstur.

2. Kaki

Katak memiliki kaki yang panjang, bahkan lebih panjang dari kepala dan badan mereka. Kaki katak diciptakan untuk melompat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbeda dengan katak, kaki kodok jauh lebih pendek dan tidak digunakan untuk melompat. Kaki kodok digunakan untuk berjalan.

Baca juga: Temuan Spesies Baru Katak Kecil Bermulut Sempit di Belitung dan Lampung

3. Bentuk tubuh

Tubuh katak lebih kurus dan atletis. Tubuh ini membuat katak lebih mudah melompat dan bergerak. Selain itu, katak memiliki wajah dengan hidung yang lebih menonjol. Tubuh kodok lebih besar, pendek, dan lebar. Kodok memiliki wajah yang datar.

4. Kecebong

Mirip dengan dewasanya, kecebong katak lebih ramping. Sedangkan kodok lebih lebar. Selain itu terdapat perbedaan warna keduanya. Kecebong katak memiliki titik-titik keemasan, sedangkan kecebong kodok berwarna hitam polos.

5. Lidah

Katak memiliki lidah yang lengket untuk meraih makanannya. Sedangkan kodok tidak memiliki lidah yang lengket. Oleh karena itu, kodok harus mendekati makanannya dengan berjalan.
Sekarang sudah tahu ‘kan perbedan katak dan kodok? Jangan sampai salah membedakan lagi, ya!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.