Kompas.com - 28/10/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi hiu putih besar (Carcharodon carcharias), salah satu ikan paling berbahaya di dunia. Ilustrasi hiu putih besar (Carcharodon carcharias), salah satu ikan paling berbahaya di dunia.

KOMPAS.com - Meski jarang terjadi, namun kasus hiu menggigit manusia hampir selalu menarik perhatian khalayak dan menyebabkan kekhawatiran publik.

Hal tersebut rupanya juga membuat para peneliti bertanya-tanya, mengapa hiu melakukan penyerangan dan menggigit manusia yang sedang beraktivitas di lautan.

Sebuah studi baru akhirnya berhasil menjawab teka-teki tersebut.

Mengutip New Scientist, Kamis (28/10/2021) peneliti menyebut jika dari sudut pandang hiu, manusia dan anjing laut - yang merupakan mangsa hiu, terlihat sangat mirip di dalam air.

Sehingga, kejadian gigitan pada manusia kemungkinan merupakan kasus kesalahan hiu dalam identifikasi mangsa.

Baca juga: 6 Fakta Hiu Greenland, Vertebrata yang Hidup Paling Lama di Dunia

"Dengan pemahaman yang lebih baik mengapa hiu menggigit manusia, kami dapat menemukan teknologi mitigasi yang lebih baik untuk mencegah kejadian serupa," kata Laura Ryan dari Macquarie University di Australia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam studinya, Ryan bersama rekan-rekannya membuat rekaman terpisah dari anjing laut dan singa laut yang berenang di tangki akuarium Taronga Zoo di Sydney, Australia.

Peneliti juga merekam orang-orang yang berenang dan mendayung di papan selancar di dalam tangki.

Peneliti kemudian menggunakan kamera statis ,yang dipasang di bagian bawah setiap tangki dan satu kamera lain yang dipasang pada skuter di bawah air dan meniru gerakan hiu putih besar(Carcharodon carcharias).

Hiu tersebut merupakan salah satu dari tiga spesies hiu yang bertanggung jawab atas gigitan pada manusia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.