Kompas.com - 28/10/2021, 08:30 WIB
Ajeng Stephanie dok. istimewaAjeng Stephanie

KOMPAS.com - Bertahan menghadapi penyakit kanker payudara hingga sintas bukanlah hal yang mustahil. Ajeng Stephanie adalah salah satu yang telah membuktikannya dengan menang melawan dua kali kanker payudara.

Dalam diskusi virtual di live Instagram N'PURE yang bertema “Together We Fight! Breast Cancer Awareness”, Selasa (27/10/2021), Ajeng menceritakan kisahnya berjuang melawan kanker payudara.

Kecurigaannya bermula ketika muncul benjolan di payudara kanannya saat menyusui anaknya di tahun keempat. Dia sempat mengira bahwa benjolan itu hanyalah kelenjar ASI.

Namun satu pekan kemudian, benjolan tidak hilang dan masih terasa saat diraba. Saat itulah, Ajeng menyadari bahwa benjolan tersebut bukan benjolan biasa.

Baca juga: Menyerang Usia Muda, Kenali Kanker Payudara Triple-Negative yang Agresif

Tidak ingin menunda-nunda, Ajeng bersama suaminya pun memberanikan diri untuk memeriksakan kondisinya ke dokter.

"Akhirnya aku USG, di USG kelihatan banget bentuk benjolannya padat, terus kaya awan. Terus dokter bilang, curiganya ganas nih. Akhirnya biopsi, setelah biopsi, bener benjolan ini tuh kanker payudara," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dokter yang menanganinya menyarankan untuk diambil tindakan pengangkatan seluruh jaringan yang disebut masectomy atau pengangkatan payudara secara keseluruhan.

Setelah tindakan pengangkatan jaringan payudara, proses pengobatan dilanjutkan dengan enam kali kemoterapi, dan 16 kali radiasi.

Pasca operasi tersebut, setiap tiga bulan sekali Ajeng rutin memeriksakan kondisinya ke dokter.

Namun, rupanya penyakit kanker payudara yang mendera Ajeng tidak berhenti di situ.

Baca juga: Skrining dan Deteksi Dini Kanker Payudara, Apa Bedanya?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.