Kompas.com - 27/10/2021, 11:30 WIB
Serigala Jepang yang punah, menurut studi DNA menunjukkan spesies serigala purba ini kerabat dekat anjing domestik. Momotarou2012/Wikimedia Commons via PHYSSerigala Jepang yang punah, menurut studi DNA menunjukkan spesies serigala purba ini kerabat dekat anjing domestik.

KOMPAS.com - Tim peneliti menemkan bukti bahwa serigala Jepang adalah kerabat dekat anjing domestik. Temuan ini berdasarkan catatan studi yang menjelaskan analisis genetik tentang serigala yang punah.

Serigala Jepang adalah subspesies dari serigala abu-abu dan pernah hidup di banyak pulau yang sekarang disebut Jepang.

Spesies ini dinyatakan punah pada tahun 1905, setelah pemburu dan pemilik tanah membunuh serigala ini, dilansir dari Phys, Selasa (26/10/2021).

Untungnya, banyak sampel jaringan dan tulang dari serigala Jepang yang diawetkan, sehingga jejak genetik atau DNA dari serigala tersebut masih bisa diteliti.

Untuk mencari mengkonfirmasi apakah serigala Jepang kerabat dekat anjing, para peneliti mengekstrak DNA dari jaringan dalam sampel tulang dari beberapa museum di Jepang.