Kompas.com - 27/10/2021, 11:30 WIB
Serigala Jepang yang punah, menurut studi DNA menunjukkan spesies serigala purba ini kerabat dekat anjing domestik. Momotarou2012/Wikimedia Commons via PHYSSerigala Jepang yang punah, menurut studi DNA menunjukkan spesies serigala purba ini kerabat dekat anjing domestik.


KOMPAS.com - Tim peneliti menemkan bukti bahwa serigala Jepang adalah kerabat dekat anjing domestik. Temuan ini berdasarkan catatan studi yang menjelaskan analisis genetik tentang serigala yang punah.

Serigala Jepang adalah subspesies dari serigala abu-abu dan pernah hidup di banyak pulau yang sekarang disebut Jepang.

Spesies ini dinyatakan punah pada tahun 1905, setelah pemburu dan pemilik tanah membunuh serigala ini, dilansir dari Phys, Selasa (26/10/2021).

Untungnya, banyak sampel jaringan dan tulang dari serigala Jepang yang diawetkan, sehingga jejak genetik atau DNA dari serigala tersebut masih bisa diteliti.

Untuk mencari mengkonfirmasi apakah serigala Jepang kerabat dekat anjing, para peneliti mengekstrak DNA dari jaringan dalam sampel tulang dari beberapa museum di Jepang.

Baca juga: Fosil Anjing Purba di Jerman, Ungkap Asal Mula Domestikasi Serigala

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 

Mereka kemudian membandingkan DNA serigala Jepang dengan DNA serigala dan anjing lain, serta spesies seperti rubah.

Dalam analisis studi ini pun ditemukan adanya cabang evolusi unik dari serigala yang muncul antara 20.000 hingga 40.000 tahun yang lalu.

Mereka juga mencatat bahwa beberapa dari serigala purba itu berevolusi menjadi serigala Jepang dan yang lainnya berevolusi menjadi anjing.

Pada penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa anjing domestik modern berevolusi dari jenis serigala abu-abu yang tidak ada saat ini.

Baca juga: Serigala India, Spesies Serigala Kuno Paling Terancam Punah di Dunia

Halaman:


Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.