Kompas.com - 27/10/2021, 07:01 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. Vaksin kombinasi efektif mencegah Covid-19. Shutterstock/myboys.meIlustrasi vaksin Covid-19. Vaksin kombinasi efektif mencegah Covid-19.


KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona. Studi menunjukkan, vaksin kombinasi yang berbeda, efektif untuk mencegah penularan Covid-19.

Dilansir dari Nature, Selasa (26/10/201), vaksin kombinasi selain efektif untuk mencegah Covid-19, juga mampu melebihi kinerja vaksin mRNA.

Efektivitas vaksin kombinasi dapat meningkatkan tingkat antibodi yang tinggi yang diikuti dengan respons imun kuat, sehingga menawarkan perlindungan yang baik terhadap penyakit ini.

“Saya senang melihat bahwa ini seefektif yang diharapkan,” kata Martina Sester, ahli imunologi di Saarland University di Homburg, Jerman.

Menurut Sester, hal ini merupakan informasi yang bagus dan pasti akan berpengaruh dalam praktik klinis vaksin Covid-19 kombinasi di lapangan.

Baca juga: Ramai Vaksin Kombinasi AstraZeneca dan Pfizer Ampuh Lawan Covid-19, Ini Risetnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Studi terkait vaksin kombinasi ini muncul dari eksperimen alami yang dimulai pada bulan Maret, bersamaan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh sejumlah negara untuk menghentikan sebagian, bahkan keseluruhan penggunaan vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan University of Oxford.

Hal yang sama juga berlaku pada vaksin virus corona yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi AstraZeneca di Cambridge, Inggris, dengan alasan stok yang langka, serta efek samping yang serius setelah vaksinasi.

Oleh karena itu, beberapa orang yang telah menerima satu dosis vaksin, kemudian akan mendapatkan suntikan vaksin dengan merek berbeda pada dosis yang kedua.

Namun, ternyata, tim Sester dan beberapa lainnya menemukan adanya hasil respons imun yang kuat dan aman dari kombinasi merek vaksin.

“Data efektivitas yang muncul ini mendukung penggunaan vaksin Covid-19 yang disetujui ini dalam jadwal standar (merek vaksin yang sama) atau campuran,” tambah Matthew Snape, Ahli Vaksin di University of Oxford, Inggris.

Saat ini, tiga tim peneliti telah memberikan pengukuran pertama terkait efektivitas vaksin kombinasi dalam mencegah Covid-19.

Baca juga: Studi: Vaksin Covid-19 Efektif Melawan Sebagian Besar Varian Virus SARS-CoV-2

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber Nature
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.