Kompas.com - 26/10/2021, 18:03 WIB
Sisa fosil triceratops terbesar, Big John, dilelang di Paris, Perancis. Dinosaurus ini diketahui pernah hidup pada 66 juta tahun yang lalu. REUTERS/Sarah MeyssonnierSisa fosil triceratops terbesar, Big John, dilelang di Paris, Perancis. Dinosaurus ini diketahui pernah hidup pada 66 juta tahun yang lalu.

KOMPAS.com - Sisa-sisa fosil triceratops terbesar dibeli oleh seorang kolektor. Fosil dinosaurus yang disebut Big John ini dibeli seharga 6,65 juta euro saat dilelang di Paris.

Fosil triceratops dinamai Big John, yang diambil dari nama pemilik tanah tempat fosil dinosaurus ini ditemukan.

"Ini (fosil triceratops) diakuisisi oleh seorang kolektor Amerika, dan individu itu benar-benar senang dengan gagasan untuk dapat membawa barang seperti ini untuk penggunaan pribadinya," kata Djuan Rivers, perwakilan pembeli dikutip dari Reuters, Selasa (26/10/2021).

Pada tahun 2015, ahli paleontologi telah menemukan 60 persen kerangka. Para ahli pun menyebut bahwa penemuan fosil triceratops terbesar itu adalah suatu hal yang langka.

Baca juga: Heboh Video Dinosaurus di Mojosemi Magetan, Ini 5 Fakta Triceratops Herbivora Berwajah Garang

Bahkan, upaya rekonstruksi fosil dinosaurus disusun dengan susah payah dari 200 potongan kerangka sisa fosil triceratops yang disatukan di Italia, untuk mempersiapkan lelang di Paris.

Sejarah fosil triceratops terbesar

Triceratops adalah spesies dinosaurus yang diketahui menjelajahi South Dakota modern lebih dari 66 juta tahun yang lalu.

Penemuan fosil dinosaurus triceratops pada tahun 2014, terdiri dari potongan tulang pertama dari kerangka super besar.

Bahkan, tengkorak dari fosil triceratops terbesar ini memiliki panjang 2,62 meter dan lebar hingga dua meter.