Kompas.com - 26/10/2021, 12:01 WIB
Kulit merinding. Penyebab tubuh merinding ShutterstockKulit merinding. Penyebab tubuh merinding

KOMPAS.com - Semua orang mungkin pernah merasakan merinding saat kedinginan, ketakutan, atau buang air kecil. Merinding ditandai dengan rambut halus di lengan, kaki, atau tengkuk yang berdiri dengan sedikit tonjolan kulit mirip kulit ayam yang bulunya dicabuti.

Namun, apa penyebab tubuh merinding? Ini adalah salah satu misteri tubuh manusia yang mungkin masih jadi pertanyaan untuk banyak orang.

Dilansir dari Healthline, Senin (25/10/2021), dalam istilah medis, merinding disebut dengan piloerection, cutis anserina, dan horripilation. 

Ini terjadi karena adanya aktivitas fisik yang mengaktifkan sistem saraf simpatik atau insting manusia.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Badan Merinding Saat Kencing?

Biasanya, merinding terjadi saat kita merasa kedinginan, mengalami perasaan emosional yang kuat, seperti ketakutan ekstrem, kegembiraan atau gairah seksual, serta saat buang air kecil.

Saat mengalami emosi ekstrem, tubuh akan merespons dengan dua cara, yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Peningkatan aktivitas listrik pada otot tepat di bawah kulit
  • Meningkatnya kedalaman pernapasan.

Kedua respons tersebutlah yang tampaknya mampu memicu tubuh untuk merinding, sekaligus berkeringat atau mengalami peningkatan detak jantung.

Sementara itu, sebuah studi menunjukkan bahwa melihat rangsangan sosial, seperti menonton film dengan percakapan yang emosional, lebih mampu membuat tubuh menjadi merinding daripada hanya mendengar sesuatu atau lagu yang menyentuh emosional.

Kendati demikian, merinding juga bisa terjadi karena aktivitas kecil, seperti saat buang air besar atau buang air kecil.

Adapun fungsi dari merinding adalah dapat membantu tubuh untuk tetap hangat. Saat tubuh kedinginan, gerakan otot penyebab merinding akan menghangatkan tubuh.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.