Kompas.com - 25/10/2021, 13:00 WIB
Tangan sering terpapar berbagai macam elemen dan memiliki komposisi yang lebih halus daripada wajah kita, sehingga lebih rentan mengalami penuaan. PEXELS/ANDREA PIACQUADIOTangan sering terpapar berbagai macam elemen dan memiliki komposisi yang lebih halus daripada wajah kita, sehingga lebih rentan mengalami penuaan.

KOMPAS.com - Dagu merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang sangat unik. Faktanya, manusia adalah satu-satunya primata yang memiliki dagu.

Tonjolan tulang di ujung rahang bawah ini tidak terlihat pada spesies hominid lainnya.

Misteri tubuh manusia kali ini membahas mengenai mengapa manusia memiliki dagu.

Sebenarnya, apa kegunaan dagu?

Dilansir dari Smithsonian Magazine, Rabu (04/01/2012), dagu yang dimiliki manusia berfungsi membantu menopang rahang terhadap tekanan mekanis tertentu.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Siku Terbentur Rasanya Sangat Sakit?

Dalam jurnal yang terbit di Medical Hypotheses tahun 2007, mahasiswa University of Otago di Selandia Baru Ionut Ichim bersama rekannya mengungkap, dagu berevolusi sebagai respons terhadap cara bicara manusia yang unik. Dagu dapat melindungi rahang terhadap tekanan yang dihasilkan oleh kontraksi otot lidah tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan peneliti lain berpikir bahwa dagu berevolusi untuk melindungi rahang terhadap kekuatan yang dihasilkan akibat mengunyah makanan.

Pada tahun 2011, Flora Grninging, antropolog biologi di University of York bersama peneliti lain menguji gagasan tersebut dengan memodelkan bagaimana rahang manusia modern dan neanderthal menahan beban struktural.

Hasil penelitian yang diterbitkan di American Journal of Physical Anthropology ini menunjukkan, dagu memang membantu menopang rahang selama mengunyah.

Tim Flora menyatakan, mungkin dagu berevolusi untuk mempertahankan rahang tetap kuat terhadap beban karena gigi, rahang, dan otot untuk mengunyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.