Kompas.com - 23/10/2021, 17:02 WIB
Bintang Tsuraya/Turaya atau dalam ilmu antariksa dikenal sebagai Pleiades LapanBintang Tsuraya/Turaya atau dalam ilmu antariksa dikenal sebagai Pleiades


KOMPAS.com - Jika Anda kebingungan untuk mencari hiburan menemani malam akhir pekan Anda, maka cobalah untuk mengamati fenomena konjungsi Bulan dan Pleiades, si bintang Tsuraya, malam ini, Sabtu (23/10/2021).

Bulan akan berkonjungsi dengan Pleiades, salah satu gugus bintang yang terletak di konstelasi Taurus dan puncaknya terjadi pada 23 Oktober pukul 12.45 WIB, dengan sudut pisah 4,8 derajat.

Meskipun, puncaknya terjadi pada siang hari ini, tetapi fenomena konjungsi bulan ini baru dapat disaksikan sejak pukul 20.00 waktu setempat dari arah timur-timur laut hingga pukul 05.00 waktu setempat keesokan harinya Minggu (24/10/2021) dari arah barat-barat laut.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang mengatakan, malam nanti bulan berfase benjol akhir (Bulan Susut) dengan iluminasi bervariasi antara 91,9 persen - 90,7 persen.

Baca juga: Malam Ini, Ada Konjungsi Solar Bulan dan Konjungsi Bulan-Mars

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan, magnitudo total gugus Pleiades sebesar +1,20. Suduh pisah antara Bulan dan Pleiades bervariasi antara 5,4 derajat hingga 7,4 derajat ketika diamati.

Apa itu bintang Pleiades?

Pleiades adalah bintang Tsuraya yakni gugus bintang terbuka. Pleiades merupakan sekumpulan bintang yang terletak di dekat rasi Taurus.

Gugus bintang terbuka ini terdiri dari sejumlah bintang, dan tujuh di antaranya dapat dilihat dengan mata telanjang.

Dalam mitologi Yunani, dan dikenal sampai saat ini, ketujuh bintang tersebut adalah Sterope, Merope, Electra, Maia, Taygeta, Celaeno, dan Alcyone, dan dikenal sebagai bintang 7 saudari atau Seven Sisters.

Baca juga: 5 Fenomena Langit Pekan Ini, Konjungsi Bulan-Pollux Bintang Gemini hingga Bulan Purnama

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.