Kompas.com - 22/10/2021, 19:05 WIB
Ilustrasi katak air Ulrike LeoneIlustrasi katak air

KOMPAS.comKatak adalah salah satu hewan yang berkembang biak secara eksternal. Hewan ini mudah dikenali dari lompatan serta suara serak yang dikeluarkan.

Meski hanya sebagian, katak jantan rupanya akan bersembunyi demi menghindari pesaingnya saat kawin.

Melansir Smithsonian Magazine, Kamis (21/10/2021), proses berkembang biak dengan bersembunyi ini disebut dengan reproduksi terestrial.

Baca juga: Panggilan Kawin Tak Terdengar, Katak Ini Pilih Lambaikan Tangan

Reproduksi terestrial pada katak adalah proses reproduksi yang dilakukan jauh dari kolam air, yang pada umumnya digunakan oleh sebagian katak lain untuk berkembang biak.

Katak yang memilih berkembang biak dengan reproduksi terestrial ini, biasanya menggali kolam mereka sendiri dari tanah atau membangun gubuk lumpur untuk pejantan dan kekasihnya.

Dengan menjauh dari katak lain, katak jantan dapat yakin bahwa semua telur betina akan dibuahi oleh spermanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Rayna Bell, Kurator Amfibi dan Reptil Smithsonian di National Museum of Natural History, alasan betina mau mengikuti strategi ini adalah karena jantan yang melakukan reproduksi terestrial lebih mungkin membantu betina dalam menjaga telur dan anak mereka.

“Jantan lebih mungkin melakukan itu, jika mereka merasa yakin bahwa mereka adalah ayah,” kata Bell.

Selain itu, reproduksi terestrial juga menguntungkan betina, karena lebih mungkin untuk menghindari cedera dari perkawinan di lingkungan perairan dengan banyak pejantan lain di sekitarnya.

Bell mengatakan, bahwa tim peneliti menemukan situasi perkembangbiakan dengan banyak katak, yang bisa menjadi sedikit kejam. Beberapa katak bisa terluka atau terbunuh karena persaingan mendapatkan pasangan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.