Kompas.com - 22/10/2021, 11:32 WIB
Viper robot penjelajah Bulan NASAViper robot penjelajah Bulan

KOMPAS.comNASA telah mempersiapkan robot penjelajah Bulan yang bernama Viper. Viper direncanakan akan berangkat ke Bulan pada akhir tahun 2023 mendatang.

Viper direncanakan mendarat di kutub selatan Bulan untuk meneliti area Bulan yang tidak pernah terkena sinar Matahari. Peneliti berharap akan menemukan air atau es di area tersebut.

Jika ditemukan air, maka ini merupakan berita baik untuk program NASA berikutnya, yaitu Artemis. Ini merupakan program dimana NASA berencana kembali mengirim manusia ke Bulan pada tahun 2024.

Fakta unik tentang Viper

1. Tugas utama Viper adalah mencari air

Pada tahun 2009, peneliti menemukan tanda-tanda keberadaan air di kutub selatan Bulan. Namun, penemuan ini hanya dilakukan berdasarkan pengamatan menggunakan satelit.

Apakah air itu masih ada dan bagaimana ada air di Bulan adalah pertanyaan yang belum terjawab. Oleh karena itu, Viper didesain untuk melakukan pengeboran pada tanah di Bulan. Proses ini akan dikontrol dari jarak jauh.

Air adalah sumber daya yang penting untuk kehidupan manusia. Tidak hanya untuk konsumsi, air juga dibutuhkan untuk eksplorasi luar angkasa. Selain itu, air juga bisa melindungi manusia dari radiasi, menjadi bahan bakar roket, dan oksigen untuk bernapas.

Jika benar terdapat air di Bulan, maka mengirim manusia dan menambah waktu eksplorasi di Bulan menjadi mungkin untuk dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kanada Siap Kirim Robot Penjelajah ke Bulan pada 2026

2. Viper bisa bertahan pada suhu yang sangat dingin

Tugas Viper adalah mencari air atau es di bagian Bulan yang tidak pernah terkena cahaya Matahari. Oleh karena itu, ilmuwan menduga area tersebut sangat dingin.

Suhu di kutub selatan Bulan diperkirakan mencapai 107 derajat Celcius pada siang hari. Sedangkan pada malam hari suhu bisa turun hingga mencapai -240 derajat Celcius. Perbedaan yang signifikan ini disebabkan karena tipisnya atmosfer yang ada di Bulan.

Viper dirancang untuk mampu bertahan di suhu ekstrem tersebut. Salah satu teknologi yang digunakan adalah dengan panel surya untuk menjaga Viper tetap hangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.