Kompas.com - 21/10/2021, 11:01 WIB
Gambar polynya, lubang yang terbentuk di es Arktik pada 15 Mei 2020. NASA EOSDIS Worldview via LIVE SCIENCEGambar polynya, lubang yang terbentuk di es Arktik pada 15 Mei 2020.


KOMPAS.com - Studi baru mengungkapkan jika ada sebuah lubang besar terbuka di es tertua Arktik dan paling tebal di Kutub Utara pada Mei 2020.

Para peneliti sebelumnya mengira bahwa area es tersebut merupakan yang paling stabil di Arktik tetapi lubang itu menandakan jika es purba tersebut rentan mencair.

Mengutip Live Science, Rabu (20/10/2021) lubang atau celah yang disebut sebagai polynya itu ditemukan di utara Pulau Ellesmere, pulau paling utara Kanada dan tepat di barat Greenland.

Polynya itu menurut peneliti terbentuk pada 14 Mei 2020.

Satu hari kemudian atau pada 15 Mei, polynya makin membesar dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 km. Lubang es Arktik ini kemudian tertutup dengan cepat pada 26 Mei.

Baca juga: Es Laut Arktik Terus Mencair, Sungai yang Memanas Disebut Penyebabnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

"Utara Pulau Ellesmere punya banyak lapisan es tebal yang sulit cair sehingga secara umum kita belum pernah melihat bentuk polynya (lubang es Arktik) di wilayah itu sebelumnya," ungkap Kent More, penulis utama studi dari University of Toronto-Mississauga.

Namun dalam laporan yang diterbitkan di jurnal Geophysical Research Letters itu peneliti rupanya juga menemukan jika sebelumnya sudah ada lubang serupa yang terbentuk pada tahun 1988 dan 2004

Mengutip USA Today, polynya atau lubang besar di es Arktik itu dapat terbentuk dalam dua cara berbeda. Pertama, air di bawah yang terlalu hangat untuk es atau jika angin meniup es.

Baca juga: Pemanasan Kutub Utara dan Pencairan Es Laut Arktik Pengaruhi Atmosfer

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.