Kompas.com - 19/10/2021, 21:03 WIB

KOMPAS.com - Suhu Bumi yang naik tanpa disadari berpengaruh pada berbagai kehidupan di planet ini.

Salah satu yang jadi pembahasan dalam studi baru adalah bagaimana suhu yang menghangat dapat menyebabkan migrasi plankton.

Mahluk kecil ini disebut berpotensi melakukan migrasi dari daerah tropis menuju kutub. Mereka menjahui perairan yang terlalu hangat untuk ditinggali. Lalu apa dampaknya saat migrasi ini terjadi?

Mengutip Science Alert, Selasa (19/10/2021) peneliti menyebut restrukturisasi ini akan berdampak besar pada ekosistem laut, karena plankton membentuk komponen penting dari siklus karbon laut dan jaring makanan.

Baca juga: Organisme Laut: Nekton, Plankton, dan Bentos

Plankton sendiri adalah organisme mikroskopis paling melimpah kedua di Bumi setelah bakteri. Tanpa plankton, kehidupan seperti yang kita tahu tak akan ada di lautan kita.

Dua jenis plankton yang menarik adalah fitoplankton (tumbuhan) dan zooplankton (hewan).

Fotosintesis fitoplankton memainkan peran utama dalam siklus karbon, produksi oksigen bumi, dan organisme merupakan bagian penting dari jaring makanan. Zooplankton juga merupakan bagian penting dari jaring makanan dan siklus karbon.

Namun dalam studi baru yang dipimpin oleh fisikawan lingkungan Fabio Benedetti dari ETH Zurich di Swiss ini menemukan, jika terjadi perubahan distribusi plankton. Hal tersebut karena suhu global yang cenderung terus naik.

Dalam studinya, ia bersama rekannya mengembangkan peta distribusi global lebih dari 860 spesies fitoplankton dan zooplankton.

Mereka kemudian menggunakan algoritma statistik dan model iklim untuk memprediksi perubahan yang akan dialami mahluk ini saat terjadi perubahan iklim.