Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2021, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Editor


KOMPAS.com - Seorang penyelam amatir menemukan pedang yang diyakini milik prajurit di masa Perang Salib. Temuan pedang di lepas pantai utara Israel itu diklaim sebagai penemuan yang langka.

Penemuan pedang berusia 900 tahun yang lalu itu memiliki panjang sekitar satu meter, dan oleh penemunya Shlomi Katzin, pedang kuno tersebt diserahkan kepada otoritas setempat.

Dikutip dari BBC Indonesia, Selasa (19/10/2021), kemunculan pedang yang diselimuti organisme laut itu disebabkan adanya pergeseran pasir di dasar laut.

Otoritas Barang Antik Israel (IAA) mengatakan akan membersihkan dan menganalisis penemuan langka ini. Selanjutnya, pedang Perang Salib tersebut akan ditampilkan untuk publik.

Baca juga: 12 Aturan Pedang bagi Samurai Terungkap dalam Teks Abad ke-17

 

"Pedang yang telah diawetkan dalam kondisi sempurna ini adalah penemuan yang indah dan langka dan jelas, ini milik seorang prajurit dalam Perang Salib," kata Inspektur Unit Pencegahan Perampokan IAA, Nir Distelfeld.

Nir Distelfeld melanjutkan, bahwa "Penemuan benda ini sangat menggugah, membawa Anda kembali ke 900 tahun yang lalu, ke era yang berbeda, melihat ksatria, baju zirah, dan pedang,".

Pantai Carmel di lepas pantai utara Israel, lokasi di mana penemuan pedang prajurit Perang Salib itu, selama berabad-abad memberikan perlindungan alami bagi kapal yang menghadapi badai di perairan tersebut.

Baca juga: Bocah 8 Tahun Temukan Pedang Kuno Berusia 1.500 Tahun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com