Kompas.com - 19/10/2021, 17:02 WIB
Pedang prajurit Perang Salib ditemukan di lepas pantai Israel. Penemuan langka pedang berusia 900 tahun lalu. REUTERS via BBC INDONESIAPedang prajurit Perang Salib ditemukan di lepas pantai Israel. Penemuan langka pedang berusia 900 tahun lalu.


KOMPAS.com - Seorang penyelam amatir menemukan pedang yang diyakini milik prajurit di masa Perang Salib. Temuan pedang di lepas pantai utara Israel itu diklaim sebagai penemuan yang langka.

Penemuan pedang berusia 900 tahun yang lalu itu memiliki panjang sekitar satu meter, dan oleh penemunya Shlomi Katzin, pedang kuno tersebt diserahkan kepada otoritas setempat.

Dikutip dari BBC Indonesia, Selasa (19/10/2021), kemunculan pedang yang diselimuti organisme laut itu disebabkan adanya pergeseran pasir di dasar laut.

Otoritas Barang Antik Israel (IAA) mengatakan akan membersihkan dan menganalisis penemuan langka ini. Selanjutnya, pedang Perang Salib tersebut akan ditampilkan untuk publik.

Baca juga: 12 Aturan Pedang bagi Samurai Terungkap dalam Teks Abad ke-17

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pedang yang telah diawetkan dalam kondisi sempurna ini adalah penemuan yang indah dan langka dan jelas, ini milik seorang prajurit dalam Perang Salib," kata Inspektur Unit Pencegahan Perampokan IAA, Nir Distelfeld.

Nir Distelfeld melanjutkan, bahwa "Penemuan benda ini sangat menggugah, membawa Anda kembali ke 900 tahun yang lalu, ke era yang berbeda, melihat ksatria, baju zirah, dan pedang,".

Pantai Carmel di lepas pantai utara Israel, lokasi di mana penemuan pedang prajurit Perang Salib itu, selama berabad-abad memberikan perlindungan alami bagi kapal yang menghadapi badai di perairan tersebut.

Baca juga: Bocah 8 Tahun Temukan Pedang Kuno Berusia 1.500 Tahun

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.