Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2021, 12:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang tidak boleh diabaikan. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung, stroke, hingga meningkatkan risiko kematian.

Hipertensi adalah saat hasil pembacaan tekanan darah sistolik melebihi 140 mmHg, dan tekanan darah diastolik melebihi 90 mmHg. Kondisi ini patut diwaspadai penderitanya.

Selain obat, gaya hidup sehat penting untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Bahkan, menerapkan diet sehat bukan hanya bisa menurunkan tekanan darah, tapi juga mempertahankannya pada tingkat normal.

Baca juga: 5 Obat Herbal Darah Tinggi

Penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine pada tahun 2011 menemukan, bahwa memasukkan jenis makanan yang kaya potasium dan magnesium dapat menurunkan darah tinggi.

Melansir Healthline, berikut 10 jenis makanan yang bisa membantu menurunkan darah tinggi.

1. Buah sitrus

Jenis buah-buahan sitrus seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon bisa menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi dengan benar.

Buah-buahan ini mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon adalah sumber lemak omega 3 yang sangat baik, salah satu manfaatnya yaitu menyehatkan jantung.

Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang disebut oxylipins.

Penelitian pada tahun 2018 mengungkap, mengonsumsi ikan berlemak kaya omega 3 dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Sementara sebuah penelitian yang dilakukan pada 2.036 orang sehat menemukan, bahwa mereka yang memiliki kadar lemak omega 3 tinggi dalam darah memiliki tekanan darah sistolik (SBP), dan tekanan darah diastolik (DBP) yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak memilikinya.

3. Biji labu

Biji labu adalah sumber nutrisi yang penting untuk mengontrol tekanan darah. Kandungan di dalamnya termasuk magnesium, potasium, arginin, serta asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat sebagai relaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Minyak biji labu juga telah terbukti menjadi obat alami yang ampuh untuk hipertensi. Sebuah penelitian pada 23 wanita menemukan ,bahwa konsumsi suplemen dengan 3 gram minyak biji labu per hari selama 6 minggu menurunkan SBP secara signifikan.

Baca juga: 5 Faktor Risiko Stroke, Kolesterol hingga Darah Tinggi

4. Kacang-kacangan dan lentil

Kacang-kacangan dan lentil merupakan makanan yang baik untuk darah tinggi. Di dalamnya terkandung nutrisi seperti serat, magnesium, dan potasium yang membantu mengatur tekanan darah.

5. Buah beri

Buah beri sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk potensi untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi.

Buah beri adalah sumber antioksidan yang kaya akan anthocyanin yaitu pigmen yang memberi warna cerah pada buah beri.

6. Wortel

Makanan penurun darah tinggi lainnya adalah wortel. Sayur berwarna oranye ini kaya akan senyawa fenolik, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Mengonsumsi wortel mentah diklaim lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Penelitian yang diterbitkan Journal of Human Hypertension tahun 2014 terhadap 2.195 orang berusia 40-59 tahun menemukan, bahwa asupan wortel mentah secara signifikan berkaitan dengan tekanan darah yang lebih rendah.

Baca juga: 7 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Sebelum Vaksinasi Covid-19

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com