Kompas.com - 16/10/2021, 17:01 WIB
Kapsul kargo yang membawa wahana antariksa Lucy NASA menuju asteroid Trojan Jupiter. Misi Lucy NASA akan menjadi misi pertama ke asteroid terbesar. REUTERS/Steve NesiusKapsul kargo yang membawa wahana antariksa Lucy NASA menuju asteroid Trojan Jupiter. Misi Lucy NASA akan menjadi misi pertama ke asteroid terbesar.


KOMPAS.com - Badan antariksa nasional Amerika Serikat (NASA), hari ini, Sabtu (16/10/2021), dijadwalkan akan meluncurkan wahana antariksa pertama mereka dalam misi Lucy NASA ke asteroid Torjan Jupiter.

Wahana antariksa yang dinamai Lucy ini, akan menjadi misi pertama NASA untuk mempelajari asteroid Trojan yang mengorbit di dekat planet Jupiter.

Dilansir dari Reuters, para ilmuwan meyakini bahwa asteroid Trojan Jupiter adalah sisa-sisa material primordial yang membentuk planet luar Tata Surya.

Wahana antarika NASA yang dikemas di dalam kapsul kargo khusus, rencananya akan lepas landas dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada pukul 05.34 pagi waktu setempat.

Kapsul kargo yang membawa wahana antariksa ini akan dibawa oleh roket Atlas V dari United Launch Alliance (UAL), sebuah usaha patungan Boeing Co (BA.N) dan Lockheed Martin Corp (LMT.N).

Baca juga: NASA Bawa 3 Instrumen Ilmiah dalam Misi Pertama ke Asteroid Trojan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Jika berjalan sesuai rencana, wahana antariksa Lucy NASA akan meluncur ke luar angkasa dalam ekspedisi 12 tahun untuk mempelajari rekor jumlah asteroid. Misi ini akan menjadi yang pertama dilakukan NASA untuk menjelajahi asteroid Trojan.

Lucy akan melewati ribuan objek berbatu yang mengorbit matahari dalam dua kelompok, satu di depan jalur planet gas raksasa, Jupiter dan satunya di jalur orbit belakang.

Asteroid Trojan adalah asteroid terbesar yang diketahui memiliki diameter mencapai 225 km. Nama asteroid ini diambil dai pejuang dalam mitologi Yunani.

Misi Lucy NASA di asteroid Trojan

Melalui misi ini, para ilmuwan berharap tujuh penerbangan dekat yang dilakukan Lucy di asteroid Trojan ini akan menghasilkan petunjuk baru tentang bagaimana planet-planet di Tata Surya terbentuk pada 4,5 miliar tahun yang lalu.

Selain itu, diharapkan penerbangan wahana antariksa Lucy NASA ini akan dapat memberikan wawasan tentang apa yang membentuk konfigurasi dari planet-planet di Tata Surya saat ini.

Baca juga: Pesawat Ruang Angkasa NASA Tinggalkan Asteroid Bennu Menuju Bumi

Halaman:


Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.