Kompas.com - 16/10/2021, 16:31 WIB
Ilustrasi suhu udara panas. BMKG jelaskan penyebab suhu udara terasa panas akhir-akhir ini, yang dirasakan masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia. SHUTTERSTOCK/fizkesIlustrasi suhu udara panas. BMKG jelaskan penyebab suhu udara terasa panas akhir-akhir ini, yang dirasakan masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia.


KOMPAS.com - Mungkin Anda merasakan bahwa beberapa hari belakangan suhu udara di sekitar Anda terasa lebih panas dari biasanya. Lantas, kenapa suhu udara panas akhir-akhir ini dan apa penyebabnya?

Mengenai hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun menjelaskan penyebab suhu udara panas di Indonesia.

Pelaksana tugas Deputi Bidang Klimatologi, Urip Haryoko mengatakan, suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun.

Sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.

Baca juga: Fenomena Suhu Udara Panas di Jakarta, Ini Penjelasan Ahli

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, berdasarkan pantauan BMKG terhadap suhu udara maksimum di wilayah Indonesia, memang suhu tertinggi siang hari ini mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir, tak heran jika suhu udara terasa panas.

 

Tercatat suhu lebih dari 36 derajat Celsius terjadi di Medan, Deli Serdang, Jatiwangi, dan Semarang pada catatan meteorologis tanggal 14 Oktober 2021.

"Suhu tertinggi pada hari itu tercatat di Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I, Medan yaitu 37 derajat Celsius," kata dia.

Namun, catatan suhu udara panas ini bukan merupakan penyimpangan besar dari rata-rata iklim suhu maksimum pada wilayah ini, masih berada dalam rentang variabilitasnya di bulan Oktober. 

Baca juga: Suhu Udara Panas, BMKG Sebut Ada Potensi Tumbuhnya Badai Tropis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.