Kompas.com - 16/10/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi penuaan, proses penuaan. Ilmuwan Harvard mengatakan penuaan adalah penyakit yang bisa disembuhkan. SHUTTERSTOCK/transurferIlustrasi penuaan, proses penuaan. Ilmuwan Harvard mengatakan penuaan adalah penyakit yang bisa disembuhkan.


KOMPAS.com - Semakin bertambah usia, maka proses penuaan menjadi hal yang tak terelakkan. Semua orang bisa menjadi tua, tetapi bagi ilmuwan Harvard University, penuaan adalah penyakit yang bisa disembuhkan.

Selama lebih dari dua dekade melakukan penelitian tentang penuaan, ahli genetika yang juga bertanggung jawab atas laboratorium di Harvard University, David Sinclair menemukan bahwa penundaan penuaan dapat dilakukan dengan beberapa kebiasaan sederhana, sehingga kita bisa memiliki hidup yang lebih panjang dan lebih sehat.

Seperti dikutip dari BBC Indonesia, Sabtu (16/10/2021), Sinclair meyakini bahwa penundaan penuaan akan segera bisa dilakukan dengan obat-obatan, yang saat ini masih dalam tahap pengujian.

Ia juga mengatakan, kita mungkin akan dapat benar-benar dapat membalikan proses penuaan dan terus tampak muda.

Studi yang dilakukan Sinclair, awalnya adalah untuk menyelidiki mengapa kita bisa menua. Karyanya ini pun telah memberikannya berbagai penghargaan ilmiah.

Baca juga: Penyebab dan Tanda-tanda Penuaan Dini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam buku yang ditulisnya, Lifespan (Why we age - and why we don't have to) yang menjelaskan mengapa kita menua dan bagaimana menghindarinya, mengulas pendapatnya bahwa penuaan dapat dihindari.

Sinclair meyakini bahwa untuk menghindari penuaan, kita harus mengubah secara radikal pola pikir tentang menua.

Alih-alih menganggapnya sebagai proses yang umum dan alami, kita harus menganggapnya sebagai penyakit dan sebagai sesuatu yang bisa diobati atau bahkan penuaan bisa disembuhkan.

Apa saja penyebab penuaan?

Para ilmuwan telah mengidentifikasi semblan penyebab utama penuaan. Dalam penelitian yang dilakukannya selama 15 tahun, Sinclair menemukan bukti bahwa penyebab penuaan adalah zaman dan melibatkan hilangnya informasi.

Salah satu penyebab penuaan yang melibatkan hilangnya informasi adalah informasi 'digital', kode genetik, dan informasi yang lainnya adalah analog, epigenom, sistem dalam sel yang mengontrol gen mana yang dihidupkan dan dimatikan.

Baca juga: Perlambat Penuaan pada Manusia, Ahli Pelajari Lumba-lumba

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.